Breaking News:

Info Penerbangan

Bandara Soekarno-Hatta dan Sam Ratulangi Jadi Pintu Masuk Penerbangan Internasional di Indonesia

Guna mencegah masuknya Virus Covid-19 varian baru ke Indonesia, pemerintah pusat memperketat perjalanan dari luar negeri.

Penulis: Fernando_Lumowa | Editor: Chintya Rantung
Dok. AP I Bandara Samrat
Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado satu-satunya bandara selain Soekarno Hatta yang menjadi pintu masuk penerbangan internasional di Indonesia. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado Guna mencegah masuknya Virus Covid-19 varian baru ke Indonesia, pemerintah pusat memperketat perjalanan dari luar negeri.

Pemerintah memutuskan hanya ada dua bandara yang bisa menjadi pintu masuk bagi penerbangan internasional ke Indonesia.

Dua bandara itu, yakni bandara Internasional Soekarno Hatta Cengkareng dan Bandara Sam Ratulangi Manado.

Hal ini ditegaskan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi sekaligus Koordinator PPKM Jawa dan Bali, Luhut B. Pandjaitan dalam live konferensi pers PPKM pada Senin (13/09/2021).

"Kita akan melakukan pembatasan pintu masuk untuk kemudahan pengawasan. Pengawasan dari udara hanya melalui Cengkareng dan melalui Manado, pengetatan persyaratan perjalanan internasional dari luar negeri wajib full vaksinasi, PCR 3 kali dan melakukan karantina selama 8 hari" ujar Luhut.

Terkait dengan hal tersebut, General Manager Angkasa Pura I Bandara Sam Ratulangi Manado, Minggus ET Gandeguai menyatakan kesiapan Bandara Sam Ratulangi untuk menjadi salah satu pintu masuk WNA ke Indonesia baik dari dukungan fasilitas hingga protokol kesehatan.

Minggus memastikan petugas operasional Bandara Sam Ratulangi semua sudah mendapatkan vaksin dosis lengkap.

Selain itu, dalam bertugas selalu menggunakan APD, masker, sarung tangan, dan menerapkan protokol kesehatan lainnya.

"Kami juga akan melakukan pengaturan jarak antara penumpang yang satu dengan yang lain sehingga saat masuk ke dalam kawasan CIQ semua sudah sesuai dengan prokes," ujar Minggus kepada Tribunmanado.co.id, Selasa (14/09/2021).

Kata Minggus, pihaknya masih menunggu teknis pelaksanaan selanjutnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved