Breaking News:

CPNS Sulut

Seleksi Kompetensi PPPK Guru di Kabupaten Sitaro Mulai Bergulir

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia mulai menggelar seleksi kompetensi PPPK Guru

Penulis: Octavian Hermanses | Editor: Chintya Rantung
Octavian Hermanses/Tribun manado
Suasana jelang dimulainya seleksi kompetensi PPPK Guru di SMK Negeri 1 Siau Timur Kabupaten Sitaro. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia mulai menggelar seleksi kompetensi bagi calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Guru.

Melalui panitia daerah, seleksi ini juga berlangsung di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), mulai Senin 13 September 2021. Di mana sebanyak 181 pelamar PPPK Guru bakal mengikuti ujian selama beberapa hari kedepan, yang dipusatkan di SMK Negeri 1 Siau Timur.

Kepala Bidang Pengadaan, Pemberhentian dan Informasi Pegawai Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), Christian Palar mengatakan, secara teknis, pelaksanaan seleksi kompetensi PPPK Guru diatur sepenuhnya oleh Kemendikbudristek.

"Kami di daerah, baik BKPSDM maupun Dinas Pendidikan Sitaro hanya membantu pelaksanaan seleksi ini," kata Palar, Senin (13/9/2021).

Dari pengumuman yang disampaikan Kemendikbudristek, Palar bilang terdapat sejumlah ketentuan yang harus dilaksanakan peserta ujian, mulai dari pra seleksi, pelaksanaan seleksi hingga pasca seleksi.

"Untuk pra seleksi, peserta diwajibkan hadir sesuai jadwal paling lambat satu jam sebelum pelaksanaan seleksi untuk kepentingan registrasi dan pemeriksaan dokumen kesehatan," ujar Palar.

Terkait pelaksanaan seleksi yang menggunakan sistem Computer Assisted Test Ujian Nasional Berbasis Kompetensi (CAT-UNBK), peserta harus mengikuti protokol kesehatan ketat. Mulai dari dokumen kesehatan berupa hasil negatif/non reaktif Rapid Test Antigen, menggunakan masker tiga lapis selama ujian hingga menjaga jarak antara satu peserta dengan peserta lain.

"Sebelum memasuki ruangan ujian, peserta akan melalui serangkaian pemeriksaan oleh panitia dan diharuskan meninggalkan barang bawaan kecuali alat tulis masing-masing," ungkap Palar.

Dia menambahkan, pelaksanaan ujian kompetensi dibagi dalam dua sesi selang beberapa hari kedepan. Setiap sesinya akan diikuti oleh 20 peserta dengan seorang proktor dan diawasi panitia daerah.

"Sesi pertama mulai jam tujuh pagi sampai jam sebelas siang, dan sesi dua mulai jam satu siang sampai lima sore. Hasilnya bisa langsung diketahui setelah pelaksanaan seleksi selesai," beber Palar sembari menambahkan, untuk materi seleksi kompetensi terdiri dari komeptensi teknis, kompetensi manajerial dan kompetensi sosial kultur.

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved