Breaking News:

Rita: Tugas TP PKK Bitung Juga Bantu Tangani Covid-19  

PKK juga harus turut ambil bagian atau terlibat dalam program pemerintah, baik pusat maupun daerah.

Penulis: Christian_Wayongkere | Editor: Charles Komaling
tribunmanado.co.id/Christian Wayongkere.
Ir Rita Mantiri Tangkudung Ketua TP PKK Kota Bitung diabadikan bersama sejumlah pemateri yang juga pengurus TP PKK Provinsi Sulut 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO  – Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) mempunyai kemampuan mensosialisasikan berbagai program kebijakan pemerintah.

PKK juga harus turut ambil bagian atau terlibat dalam program pemerintah, baik pusat maupun daerah.

Hal ini ditegaskan Ir Ny Rita Mantiri Tangkudung Ketua TP PKK Kota Bitung, saat menjadi pembawa materi di kegiatan peningkatan Kapasitas Kader PPK, di Gedung SH Sarundajang, Kantor Walikota Bitung, Senin (13/9/2021).

Kegiatan peningkatan kapasitas Kader PKK, diselenggarakan oleh TP PKK Provinsi Sulut, diikuti Pengurus dan anggota TP PKK Kota Bitung, Ketua TP PKK Kecamatan dan Kelurahan se Kota.

“Kegiatan apapun yang memberikan manfaat bagi masyarakat. Seperti pengurangan sampah plastik, penangan Covid-19, masalah stunting dan lainnya, akan didukung oleh PKK,” tutur Ir Ny Rita Mantiri Tangkudung.

Rita Mantiri Tangkudung jelaskan, PKK mempunyai peran penting dalam menunjang program pemerintah dengan berbagai inovasi.

Kegiatan yang dilakukan lewat partisipasi dalam pemberdayaan.

Dijelaskan perlu adanya sinkronisasi dalam berbagai program dan kegiatan antara, perangkat daerah bersama 10 Program PKK.

Program Pemerintah dan 10 Program PKK, lanjutnya, mempunyai tujuan sama, yaitu untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Menurutnya, gerakan PKK merupakan Gerakan Nasional dalam pembangunan masyarakat, yang pengelolaannya dari oleh dan untuk masyarakat.

“Sesuai amanat Permendagri Nomor 5 tahun 2007, PKK merupakan salah satu lembaga kemasyarakatan dan merupakan mitra Pemerintah. PKK mempunyai peran untuk membantu Pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan demi terwujudnya keluarga yang berbudaya, sejahtera, maju, mandiri dan harmonis. Serta menumbuh kembangkan potensi dan peran perempuan dalam meningkatan pendapatan keluarga,” tandasnya.

Adapun pemateri lainnya Give Mose Kepala Dinas Sosial Kota Bitung, menyampaikan materi tentang Peran pemberdayaan kesejahteraan Keluarga (PKK) dalam musyawarah perencanaan pembanggun desa.kelurahan (Partisipatif).

Sekretaris II TP PKK Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Alprest Momongan dan Kemudian Wakil Ketua Pokja II Ir Ny Lingkan Tumimbang Kawet, bawa materi tentang Gerakan keluarga Indonesia dalam kualitas peningkatan ekonomi perkeonomian (Gelari Pelangi), Wakil ketua Pokja I DR Ny Preysi Siby bawakan materi tentang Pola asuh anak dan remaja di era digital (Paaredi).

Anggota Pokja III Blessy Warouw Legoh menyampaikan materi tengan instrument penilaia hatinya PKK dan Anggota Pokja IV DR Linda Mandey Matali membawakan materi tentang Gagah bencana. (*)

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved