Breaking News:

Info Kesehatan

Orang-orang yang Paling Disukai Nyamuk, Cek Kalau Anda Adalah Sasarannya Atau Bukan

Nyamuk selalu dapat menemukan sasarannya dengan tepat karena mereka melihat dengan gerakan, panas tubuh, dan bau tubuh.

Editor: Indry Panigoro
cosmos magazine
Ilustrasi digigit nyamuk 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Nyamuk adalah hewan serangga yang termasuk dalam ordo Diptera, dan tergolong dalam famili Culicidae; genus yang berada dalam kelompok ini mencakup Anopheles, Culex, Psorophora, Ochlerotatus, Aedes, Sabethes, Wyeomyia, Culiseta, dan Haemagoggus untuk jumlah keseluruhan sekitar 35 genera yang merangkum 2700 spesies. 

Nyamuk selalu dapat menemukan sasarannya dengan tepat karena mereka melihat dengan gerakan, panas tubuh, dan bau tubuh.

Sewaktu nyamuk hinggap di tubuh dia menempelkan mulutnya yang mirip sedotan disebut juga probosis. Lalu terdapat pisau yang akan merobek kulit korban maju mundur hingga menemukan urat darah, setelah itu baru darah yang ada diisap.

Dalam prosesnya nyamuk juga mengeluarkan air liur yang mengandung antikoagulan untuk mencegah darah yang ia isap membeku. Proses ini berlangsung cepat dan seolah-olah proses yang terjadi adalah nyamuk menusuk tubuh padahal tidak begitu, nyamuk membedah kita seperti layaknya dokter bedah yang cepat dan akurat.

Setelah nyamuk kenyang dia akan mencabut probiosis dan terbang. Air liur nyamuk yang tertinggal di kulit korban akan merangsang tubuh layaknya ada benda asing yang mengganggu, terjadilah proses yang dikenal dengan alergi, dan yang terjadi adalah bentol-bentol dan gatal.

Nyamuk berkembang dalam cuaca yang lebih hangat dan merupakan hama umum di musim panas, yang meminum darah manusia.

Anda mungkin tidak menyadari gigitan nyamuk pada awalnya karena air liur mereka membuat kulit mati rasa sebelum mereka menusuknya. Namun, beberapa menit kemudian Anda mungkin akan mengalami benjolan merah dan gatal yang akan berubah menjadi benjolan coklat kemerahan atau bintik gelap seperti memar setelah beberapa hari.

Beberapa orang mengalami reaksi ringan terhadap gigitan nyamuk yang bisa sembuh dalam beberapa hari, tetapi yang lain mungkin mengalami reaksi yang lebih parah yang memerlukan perawatan.

Inilah yang paling rentan terhadap gigitan nyamuk dan tindakan yang dapat Anda ambil untuk mengobatinya dan mencegah gigitan nyamuk di masa mendatang.

Siapa yang paling rentan digigit nyamuk?

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved