Breaking News:

Berita Bolmong

Polres Bolmong Sidak Pertambangan Emas di Desa Totabuan

Kepolisian Resort Bolaang Mongondow (Bolmong) melakukan penertiban kegiatan penambangan tanpa izin (PETI) di Desa Totabuan

Penulis: Nielton Durado | Editor: Chintya Rantung
IST/Polres Bolmong
Polres Bolmong saat berada di lokasi tambang di desa Bakan 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Kepolisian Resort Bolaang Mongondow (Bolmong) melakukan penertiban kegiatan penambangan tanpa izin (PETI) di Desa Totabuan, Kecamatan Lolak, Kamis (9/9/2021).

Penertiban Peti tersebut, atas keseriusan Kapolres Bolmong AKBP Nova Irone Surentu, terhadap kegiatan penambangan illegal yang marak melakukan eksplorasi di desa setempat.

Buktinya, Kapolres perempuan pertama di Bolmong itu menerjunkan personelnya untuk menyelidiki, menindak, dan melakukan penegakkan hukum oknum masyarakat yang secara ilegal melakukan pertambangan di desa Totabuan.

Menurut Kabag OPS Polres Bolmong AKP M Ali Tahir, ada sekitar 36 orang yang terdiri dari Personel Polres Bolmong, dan bersama sejumlah intansi yang terkait seperti Dinas Perdagangan dan ESDM, Dinas Lingkungan Hidup dan dinas PMPTSP turun meninjau kegiatan penambangan di desa Totabuan.

“Iya kami mulai bergerak sejak pagi, yang diawali dengan apel di Mapolsek Lolak, dan arahan Kabag Ops, selanjutnya tim langsung menuju ke lokasi penambangan,” kata dia.

Lanjut dia, setibanya di desa Totabuan, tim mengadakan pemantauan secara langsung.

Namun sayang tidak ditemukan adanya kegiatan penambangan.

“Kami tidak melihat adanya kegiatan penambangan yang menggunakan alat berat,” ujarnya.

Tak sampai disitu, Polres Bolmong melakukan penelusuran ternyata adanya keberadaan alat berat jenis Excavator yang beroperasi.

Namun alat berat itu ternyata milik PT Monumen Energi Nasional (MEN) selaku pemegang Ijin Usaha Pertambangan (IUP) jenis mineral logam dan hal tersebut sesuai data yang tercatat di Dinas Perizinan Bolmong.

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved