Breaking News:

Prakiraan Cuaca

BMKG Stasiun Maritim Bitung: Angin Kencang dan Gelombang Tinggi, Akan Berlangsung 3 Hari Kedepan

Terpantau cuaca di Kota Bitung kerap diguyur hujan deras, pada waktu subuh, pagi, siang sore hingga malam hari.

Penulis: Christian_Wayongkere | Editor: Chintya Rantung
Ist/WAG Bencana Bitung Tangguh dan Hebat
Gelombang tinggi yang menghantam rumah warga di pesisir pantai Nusu di Kelurahan Dorbolaang Kecamatan Lembeh Selatan, Rabu (8/9/2021). 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado – Cuaca ekstrim terjadi dalam waktu beberapa hari ini, di Kota Bitung dan sejumlah wilayah di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Terpantau cuaca di Kota Bitung kerap diguyur hujan deras, pada waktu subuh, pagi, siang sore hingga malam hari.

Rabu (8/9/2021) siang, cuaca ektrim terjadi. Saat cuaca sedang panas-panasnya mendadat turun hujan deras yang tidak berlangsung lama.

BMKG Stasiun Maritim Bitung, menyampaikan prakiraan cuaca yang akan terjadi di kota Bitung dan sejumlah daerah di Provinsi Sulawesi Utara untuk beberapa hari kedepan.

Menurut Ricky Aror Prakirawan BMKG Stasiun Maritim Bitung, cuaca ekstrim berlangsung sejak Selasa (7/9/2021) hingga hari kedepan.

“Akibat dua siklon tropis di Filipina dan di samudera pasifik, utara papua. Untuk itu kami himbau kepada para nelayan agar selalu memperbarui informasi cuaca dari badan meteorologi klimatologi dan geofisika untuk menjaga keselamatan berlayar,” kata Ricky Aror saat diwawancarai melalui sambungan telpon Rabu (8/9/2021).

Ricky Aror menjelaskan, dua siklon tropis yang menyebabkan cuaca ekstrim di Sulawesi Utara yakni siklon tropis conson di Filipina dan siklon tropis Chantu di samudera pasifik.

Akibat kedua siklon tersebut, angin kencang di perairan Selatan Sulawesi Utara berkisar delapan hingga dua puluh knot.

Sedangkan gelombang di perairan selatan Sulut, dari wilayah Belang Minahasa Tenggara, kota Bitung hingga Kabupaten Kepulauan Talaud mencapai dua meter.

Sekali lagi pihaknya menghimbau ke para nelayan dan dan kapal yang akan berlayar, untuk memperbarui informasi cuaca dari BMKG untuk mencegah kecelakaan pelayaran.

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved