Breaking News:

Pejabat Eselon II Pemkab Minsel Menunggu Roling Jabatan

Nilai uji kompetensi ini akan dipakai untuk menentukan seorang pejabat, apakah dia berkompetensi atau tidak

Penulis: Rul Mantik | Editor: Charles Komaling
Tribun manado / Andrew Pattymahu
Sekda Minsel Denny Kaawoan 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Sebanyak 28 pejabat eselon II Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), Provinsi Sulawesi Utara, menyelesaikan uji kompetensi.

Selama hampir sepekan, para pejabat menjalani tes secara tertulis dan tes lisan. Hasil uji kompetensi pun sudah dikantongi panitia seleksi (pansel).

Menurut Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minsel, Denny Kaawoan, nilai yang diperoleh para pejabat dalam uji kompetensi ini sangat berpengaruh pada rolling jabatan nanti.

"Sangat berpengaruh. Artinya, nilai uji kompetensi ini akan dipakai untuk menentukan seorang pejabat, apakah dia berkompetensi atau tidak," ungkap Denny Kaawoan, Senin (6/9/2021).

Dijelaskan Denny, setelah pansel mendapatkan nilai uji kompetensi, nilai itu akan diserahkan kepada Badan Pertimbangan Kepangkatan dan Jabatan (Baperjakat).

"Dan, nilai itu akan diserahkan kepada Bupati. Nanti, Bupati yang memiliki hak prerogatif untuk menentukan pejabat kepada seorang pejabat, sesuai dengan kompetensi mereka," terang Kaawoan.

Sejumlah pejabat Pemkab Minsel, saat diwawancarai wartawan Tribun Manado, mengaku was-was.

"Was-was juga menunggu rolling. Saya tidak tahu akan ditempatkan di mana. Jangan-jangan nonjob," keluh salah seorang pejabat eselon II yang meminta namanya tidak dipiblikasi.

Namun, katanya, terserah kepala daerah menempatkan dia pada suatu posisi. "Itu kan hak prerogatif bupati. Saya sih terserah pak bupati. Jika masih dipercayakan saya bersyukur, jikapun nonjob saya masih bersyukur," papar pejabat eselon II itu.

Informasi diperoleh, sebagian besar pejabat di Pemkab Minsel akan kena rolling. Diperkirakan, rolling jabatan akan berdampak di atas 80 persen pejabat.

"Di atas 80 persen jabatan akan mengalami penyegaran," ungkap sumber yang cukup dekat dengan Bupati dan Wakil Bupati Minsel, Franky Donny Wongkar dan Petra Yani Rembang.

Bupati Minsel pada beberapa kesempatan mengatakan, dia menginginkan pejabat yang suka bekerja keras, inovatif dan jujur.

"Untuk membangun Kabupaten Minsel, butuh para pejabat yang memiliki semangat, inovatif dan pekerja keras serta jujur. Pejabat-pejabat seperti inilah yang akan kita pakai nanti," ujar Franky Wongkar.

Sebab, katanya, dia membutuhkan waktu yang singkat untuk membawa perubahan pembangunan di Kabupaten Minsel.

"Perubahan harus segera terwujud di Kabupaten Minsel. Siapa yang akan melakukan? Ya, kita semua, juga termasuk dengan para pejabat," ujarnya. (*)

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved