Breaking News:

BMKG

Info BMKG: Tsunami 6-10 Meter Dapat Terjadi dengan Waktu Tiba 9 Menit, Ini Pemodelan dan Lokasinya

Berdasarkan hasil penelitian pemodelan tsunami dapat terjadi di Ambon-Maluku dengan ketinggian 6-10 meter dan perkiraan waktu tiba 9 menit.

Editor: Frandi Piring
Foto: BMKG
Info terbaru BMKG hasil penelitian dan pemodelan potensi tsunami di wilayah Ambon-Maluku. Tsunami 6-10 meter dengan waktu tiba 9 menit. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika ( BMKG ), Dwikorita Karnawati menjelaskan hasil penelitian pemodelan potensi tsunami di wilayah Timur, yaitu di Ambon, Maluku.

Dwikorita Karnawati mengatakan, Provinsi Maluku termasuk wilayah titik rawan bencana baik itu gempa, tsunami dan lainnya.

Melansir Antara News, berdasarkan hasil riset sebelumnya dilakukan sumber pembangkit gempa di Maluku adalah beberapa daerah patahan aktif yakni sesar Buru Utara M 7,4, Sesar Buru M 7,0, Sesar Manipa M7,4 dan sesar Bobot M7,5.

Info gempa magnitudo 5.4 Sabtu 21 Agustus di NTT pada pukul 00:45 WITA. <a href='https://manado.tribunnews.com/tag/bmkg' title='BMKG'>BMKG</a> beri arahan.

(Ilustrasi Foto: Info gempa dan tsunami./Istimewa)

Dwikorita Karnawati menjelaskan, sudah banyak yang melakukan riset penelitian di Provinsi Maluku baik perguruan tinggi dalam maupun luar negeri namun tindak lanjut tidak dilakukan.

"Kita rawan gempa tsunami tetapi kita tetap melakukan pembangunan. Ini mesti diwujudkan dengan langkah di lapangan.

Kita datangi bersama pemerintah agar bisa melakukan langkah mencegah terjadi korban jiwa apabila terjadi gempa dan tsunami.

Pantai di provinsi Maluku perlu di mitigasi agar tidak ada korban jiwa," ungkapnya dalam pertemuan bersama Pemprov Maluku dan Pemkot Ambon di kantor Gubernur Maluku, Kamis malam, 2 September 2021, dikutip dari Antara.

Berdasarkan hasil survei yang dilakukan, mulai dari beberapa titik di kota Ambon ini juga menjadi titik patahan rawan.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved