Breaking News:

Berita Tomohon

Operator Dapodik di Kota Tomohon Ikuti Pelatihan

Para Operator Data Pokok Pendidikan (Dapodik) se Kota Tomohon mengikuti pelatihan, Rabu (25/8/2021).

Editor: Chintya Rantung
Ist/Humas Pemkot Tomohon
Pelatihan para Operator Data Pokok Pendidikan (Dapodik) di Tomohon 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Para Operator Data Pokok Pendidikan (Dapodik) se Kota Tomohon mengikuti pelatihan, Rabu (25/8/2021).

Mereka mendapat pembekalan dari para Narasumber Tim Teknis Dapodik Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia Jihan Aziz dan Kepala Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan Provinsi Sulawesi Utara Febri Dien.

Pelatihan ini dibuka Wali Kota yang diwakili Sekretaris Kota Tomohon Edwin Roring, Rabu (25/8/2021).

Edwin Roring menyatakan seiring dengan perubahan dan dinamika masyarakat yang terus bergerak menuju arus globalisasi. Problem dan tantangan yang harus dihadapi oleh dunia persekolahan makin rumit dan kompleks.

Sehingga Sekolah tidak hanya dituntut untuk mampu melahirkan generasi yang cerdas secara intelektual, tetapi juga diharapkan dapat menciptakan generasi bangsa yang cerdas secara emosional dan spiritual.

"Karena itu sistem pendidikan harus mampu menghadirkan suatu instrumen terukur sebagai basis data dalam kebijakan pendidikan yang tepat," katanya saat membawakan sambutan Wali Kota Tomohon Caroll Senduk.

Lebih lanjut, diterangkan Roring Dapodik adalah sistem pendataan skala nasional yang terpadu, dan merupakan sumber data utama pendidikan nasional.

Yang merupakan bagian dari program perencanaan pendidikan nasional dalam mewujudkan insan Indonesia yang cerdas dan kompetitif.

"Dapodik merupakan urat nadi sekolah, dimana didalam dapodik semua pendataan peserta didik dan data lainnya yang berhubungan dengan semua kebijakan sektor pendidikan seperti bantuan operasional sekolah, aneka tunjangan guru, bantuan sarana dan prasana serta lainnya diambil dari dapodik," terangnya.

Turut dikatakan Roring Pemkot Tomohon juga berkomitmen untuk terus memberikan penghargaan kepada tenaga operator sekolah berupa sharing pendanaan untuk pembayaran tunjangan operator melalui pos belanja daerah.

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved