Breaking News:

KKB di Papua

Sosok KKB Papua Ini Dinilai Terlatih, Anak Buahnya Ada Mantan Anggota TNI, Berada di Distrik Dekai

Peta kekuatan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Kabupaten Yahukimo, Papua, mulai terbaca oleh Satgas Nemangkawi yang kini berada di Distrik Dekai.

Istimewa
Ilustrasi teroris KKB di Papua. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Eksistensi kelompok kriminal bersenjata (KKB) di sejumlah kawasan pegunungan tengah Papua, masih terus meresahkan karena aksi mereka kerap menimbulkan jatuhnya korban jiwa dan benda.

Ada beberapa kabupaten yang hingga kini masih rawan dari aksi KKB, seperti Puncak, Yahukimo, Nduga dan Intan Jaya.

Satgas Nemangkawi yang dibentuk pemerintah untuk menangani KKB sejak 2018, telah melakukan pemetaan kekuatan kelompok-kelompok yang umumnya memiliki persenjataan modern tersebut.

Peta kekuatan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Kabupaten Yahukimo, Papua, mulai terbaca oleh Satgas Nemangkawi yang kini berada di Distrik Dekai.

Diketahui, di dalam KKB Yahukimo ada mantan anggota TNI desersi yang bergabung di dalamnya.

SOSOK Dokter Gunawan, Rawat Deddy Corbuzier hingga Sembuh, Punya Kisah yang Bikin Orang Terharu

Personel Satgas Nemangkawi berada di Kali Yegi, <a href='https://manado.tribunnews.com/tag/distrik-dekai' title='Distrik Dekai'>Distrik Dekai</a>, untuk mencari pekerja PT. Indo <a href='https://manado.tribunnews.com/tag/papua' title='Papua'>Papua</a> yang melarikan diri dari <a href='https://manado.tribunnews.com/tag/kkb' title='KKB'>KKB</a>, <a href='https://manado.tribunnews.com/tag/yahukimo' title='Yahukimo'>Yahukimo</a>, <a href='https://manado.tribunnews.com/tag/papua' title='Papua'>Papua</a>, Senin (23/8/2021)

Dalam beberapa waktu terakhir, KKB terus menebar teror di Distrik Dekai yang merupakan ibu kota Kabupaten Yahukimo.

Selama Agustus 2021, KKB telah menewaskan tiga orang warga dan melakukan sejumlah aksi pembakaran.

Kepala Satuan Tugas (Satgas) Penegakan Hukum (Gakum) Nemangkawi, Kombes Faisal Ramadhani mengaku sudah memiliki data jumlah anggota kelompok tersebut.

Menurut dia, KKB di Yahukimo sudah bercampur, baik dari masyarakat setempat maupun mereka yang datang dari Kabupaten Nduga.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved