Breaking News:

Dinkes Sitaro Sudah Data 400 Ibu Hamil Penerima Vaksin

Karena ini kan hal baru sesuai kebijakan pemerintah pusat, maka kita tangani ekstra hati-hati

Penulis: Octavian Hermanses | Editor: Charles Komaling
TRIBUNMANADO/JHONLY KALETUANG
Samuel Raule 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO  - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) telah melakukan pendataan ibu hamil sebagai sasaran vaksinasi. Langkah itu dilakukan sebagai tindaklanjut pencanangan program vaksinasi bagi ibu hamil yang digelar Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara beberapa waktu lalu.

Hingga Agustus ini, tercatat sekira 400-an ibu hamil yang berhasil didata Dinas Kesehatan Kabupaten Sitaro. "Setelah proses pendataan, kita akan melakukan sosialisasi melalui puskesmas-puskesmas terkait program vaksinasi bagi ibu hamil ini," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sitaro, dr Semuel Raule, Selasa (24/8/2021).

Menurut Raule, perlunya sosialisasi serta penanganan khusus terhadap program ini mengingat vaksinasi Ibu Hamil merupakan hal baru yang diberlakukan pemerintah pusat untuk meminimalisir dampak buruk Corona Virus Disease 2019 atau Covid-19 bagi ibu hamil.

"Karena ini kan hal baru sesuai kebijakan pemerintah pusat, maka kita tangani ekstra hati-hati," ungkap Raule.

Setelah sosialisasi ke masyarakat, maka Dinas Kesehatan akan melakukan tahapan berikutnya berupa pendataan lebih lanjut, mana Ibu Hamil yang bisa menerima vaksin sebagaimana syarat yang telah ditentukan.

"Nantinya mereka (ibu hamil) akan melalui serangkaian screening untuk memastikan boleh tidaknya menerima suntikan vaksin," ujarnya.

Raule bilang, beberapa syarat ibu hamil penerima vaksin antara lain usia kehamilan di atas 13 minggu serta tidak memiliki riwayat penyakit bawaan. Selebihnya, sambung Raule, akan didalami melalui proses screening secara umum seperti yang selama ini dilakukan terhadap penerima vaksin.

"Makanya kita belum bisa menentukan waktu pelaksanaanya mulai kapan karena sekali lagi kita sangat-sangat hati-hati dalam melakukan vaksinasi ibu hamil ini," ujarnya.

Terkait jenis vaksin yang akan digunakan dalam vaksinasi Ibu Hamil ini, Raule menyebut Sinovac dan Moderna menjadi yang bisa dipakai dalam penyuntikan nanti.

"Vaksin-vaksin ini sudah mendapat rekomendasi dari berbagai pihak, jadi keamanannya untuk ibu hamil sudah terjamin," kunci Raule. (*)

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved