Kemendag

Mendag Targetkan 32 Juta UMKM Indonesia Bisa On Boarding Digital

Menteri Perdagangan (Mendag) RI, Muhammad Lutfi menargetka 32 juta pelaku UMKM di Indonesia bisa memanfaatkan dunia digital

Penulis: Fernando_Lumowa | Editor: Chintya Rantung
fernando lumowa/tribun manado
Menteri Perdagangan RI, Muhammad Lutfi berbicara dalam Webinar Pelangi Sulawesi Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) yang digagas Kemendag dan Tribunnews, Senin (23/08/2021) 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Menteri Perdagangan (Mendag) RI, Muhammad Lutfi menargetka 32 juta pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) di Indonesia bisa memanfaatkan dunia digital.

"Kami optimistis target ini bisa dicapai pada akhir tahun," kata Mendag dalam Webinar Pelangi Sulawesi dalam rangka Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI), Senin (23/08/2021).

Kegiatan ini digelar atas kerja sama Kementerian Perdagangan dan Tribun Network.

Disiarkan langsung melalui akun Youtube Tribunnews dan Tribun Manado Official.

Diikuti sekitar 100 pelaku UMKM di Sulawesi Utara.

Selain Muhammad Lutfi, webinar ini juga menghadirkan Odo RM Manuhutu (kemaritiman) dan Arbonas Hutabarat (Kepala BI Perwakilan Sulawesi Utara) sebagia pembicara.

Pembicara lainnya adalah Elments (pemilik kafe di Kota Tomohon), Oke Nurwan (Dirjen Perdagangan Dalam Negeri), dan Dwidyawati Esther Mopeng (traveller - influencer ).

Pada tahun ini, data Dirjen Perdagangan Dalam Negeri (PDN) menyebut, tahun ini bertambah 3,4 juta UMKM yang sudah onboarding digital.

"Mereka memasarkan produknya tidak lagi konvensional. Telah memanfaatkan media sosial dan markerplace," jelas Lutfi.

Sementara, target tahun ini 6,1 juta UMKM bisa terkoneksi ke platform digital.

Hingga Agustus 2021, 15,1 juta pelaku UMKM Indonesia sudah 'on boarding' ke platform digital sejak program Gernas BBI diresmikan Presiden Joko Widodo pada 14 Mei 2020.

Mendag mengatakan on boarding ke platform digital sebagai solusi di tengah pandemi Covid-19 sempat memukul UMKM Indonesia.

Hasilnya terlihat, kata Mendag, ekonomi Indonesia pada kuartal kedua tahun ini tumbuh 7,07 persen. Itu juga tak lepas dari Gernas BBI yang di dalamnya ada UMKM on boarding digital.

Gernas BBI fokus memajukan UMKM dan menjadikan UMKM juara di negeri sendiri dan juga bisa bersaing di pasar global

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved