Profil Tokoh Daerah

Sosok Robertho Pardede, Dirlantas Polda Sulut yang Baru, Ternyata Pernah Jadi Pasukan Perdamaian PBB

Dirlantas Polda Sulut kini telah berganti dari pejabat lama Kombes Pol Iwan Sonjaya kepada pejabat baru AKBP Robertho Pardede.

Penulis: Andreas Ruauw | Editor: Chintya Rantung
andreas ruauw/tribun manado
Dirlantas Polda Sulut AKBP Robertho Pardede 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Dirlantas Polda Sulut kini telah berganti dari pejabat lama Kombes Pol Iwan Sonjaya kepada pejabat baru AKBP Robertho Pardede.

Dalam wawancara singkat dengan Tribunmanado.co.id, AKBP Robertho Pardede mengatakan bahwa dirinya sebelumnya telah bertugas sebagai Wadirlantas Polda Kaltim dan Kapolres Wonogiri pada Oktober 2017.

Selain itu, bertugas di sebagian besar di Korps Brimob, termasuk menjabat Kepala Detasemen A Pelopor Sat Brimob Polda Metro Jaya pada tahun 2015

"Saya lahir di Jakarta 1 Februari 1977 dan lulus Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 1999," pungkasnya.

Tak hanya di Indonesia, suami dari Joise Pardede ini juga sudah tiga kali mendapat tugas di luar negeri.

Diantaranya dengan menjadi bagian dari pasukan perdamaian PBB ada misi UNAMID di Sudan Afrika.

Atas kiprahnya itu pula AKBP Robert Pardede dianugerahi tanda jasa UN Medal PBB.

"Rencana kedepan kami meneruskan kebijakan pimpinan dengan program jangka panjang dan jangka pendek harus di selesaikan tepat waktu," ujar Dirlantas.

Harapan kami meminta kepada masyarakat untuk mendukung peraturan pemerintah dimana dalam hal ini di dalam aturan berlalu lintas.

Karena dalam mengukur tingkat peradaban manusia itu dilihat dari bagaimana masyarakat tertib dan taat berlalu lintas.

"Dan saya juga mengimbau agar mayarakat yang akan berkendara tidak boleh mengkonsumsi minuman keras, atau dalam bahasa Manado Brenti Jo Bagate," tandasnya.

Selain Dirlantas Polda Sulut, Kapolda Sulawesi Utara Irjen Pol Nana Sudjana juga melantik beberapa pejabat dalam jajaran Polda Sulut.

Adapun para pejabat yang mengalami rotasi jabatan, yaitu Wakapolda Sulut dari pejabat lama Irjen Pol Rudi Darmoko kepada pejabat baru Brigjen Pol Johnny Eddizon Isir, Dirlantas dari pejabat lama Kombes Pol Iwan Sonjaya kepada pejabat baru AKBP Robertho Pardede, Kabid Dokkes dari pejabat lama Kombes Pol dr Freddy Worang kepada pejabat baru Kombes Pol dr Sucipto.

Selanjutnya Kapolres Bitung dari pejabat lama AKBP Indra Pramana H kepada pejabat baru AKBP Alam Kusuma Irawan, Kapolres Kepulauan Talaud dari pejabat lama AKBP Alam Kusuma Irawan kepada pejabat baru AKBP Dasveri Abdi, Kapolres Minut dari pejabat lama AKBP Grace Rahakbau kepada pejabat baru AKBP Bambang Yudi Wibowo, serta pelantikan Kapolres Minahasa AKBP Tommy Bambang Souissa.

“Jabatan atau pangkat merupakan amanah dari Tuhan dan kepercayaan dari pimpinan Polri, jadi tetap harus disyukuri. Semakin tinggi jabatan, beban yang diemban juga semakin tinggi dan itu harus dipertanggungjawabkan,” ujar Irjen Pol Nana Sudjana.

Selaku pimpinan di Polda Sulut. Irjen Pol Nana Sudjana juga menyampaikan apresiasi tertinggi kepada para pejabat lama atas semangat, dedikasi dan pengabdian dalam bertugas selama ini. Dan juga menyampaikan selamat datang dan selamat bertugas kepada pejabat yang baru, di Sulawesi Utara.

Pada kesempatan itu, Kapolda juga mengingatkan kepada seluruh personel untuk tetap melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, termasuk upaya-upaya penanganan dan penyelasaian pandemi Covid-19.

Baca juga: Jorginho Paling Berpeluang Peman Terbaik UEFA 2021, Ngolo Kante dan De Bruyne Bersaing Ketat

Baca juga: Peringatan Dini BMKG Hari Ini Jumat 20 Agustus 2021, Ini Daftar Wilayah Potensi Alami Cuaca Ekstrem

Baca juga: BLT Dana Desa Cair, Rapel 3 Bulan Rp 900.000

Sumber: Tribun Manado
  • Tribun Shopping

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR
    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved