Breaking News:

Berita Sitaro

Puskesmas se Sitaro Ditargetkan Lakukan 150 Testing Antigen Setiap Hari

Penyajian data valid terkait kasus Covid-19 dapat diperoleh guna menentukan arah kebijakan yang akan diambil pemerintah daerah.

Penulis: Octavian Hermanses | Editor: Rizali Posumah
tribunmanado.co.id/Octavian Hermanses
Pembukaan pelatihan penanggungjawab Tes Lacak Isolasi dan Pengelola data Covid-19. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Pencatatan dan pelaporan kasus Corona Virus Disease 2019 atau Covid-19 menjadi hal penting.

Hal ini untuk memperoleh data yang valid guna mengetahui pasti kondisi epidemologi di setiap wilayah, termasuk di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro).

Langkah itu pun harus dibarengi dengan menggenjot proses pemeriksaan atau testing di masyarakat.

Dengan demikian, penyajian data valid terkait kasus Covid-19 dapat diperoleh guna menentukan arah kebijakan yang akan diambil pemerintah daerah, khususnya Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sitaro, dr Semuel Raule mengatakan, untuk mencapai hal tersebut, pihaknya telah memberi target kepada setiap Puskesmas di Kabupaten Sitaro.

Target tersebut yakni melakukan testing kepada 150 orang setiap harinya.

Hal itu disampaikannya dalam kegiatan Pelatihan Penanggungjawab Tes Lacak Isolasi (TLI) dan Pengelola Data Covid-19, di aula SMA Negeri 1 Siau Barat, Senin (9/8/2021).

"Kan sudah saya mintakan kepada teman-teman (petugas kesehatan), setiap puskesmas itu harus melakukan tes minimal kepada 15 orang setiap harinya," kata Raule. 

Dia menyebut, ketika target tersebut dapat terpenuhi dan dibarengi dengan pencatatan serta pelaporan yang baik, maka data valid terkait kondisi epidemologi di daerah bisa diperoleh.

"Caranya sederhana. Siapa saja yang berkunjung ke Puskesmas langsung dites. Atau ketika menemukan ada yang terkonfirmasi, lakukan pelacakan terhadap kontak erat," ungkap Raule.

Halaman
123
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved