Breaking News:

Berita Minahasa

Kadis Kominfo Minahasa Ulas Kepemimpinan Ki Hajar Dewantara

Keteladanan Pahlawan Nasional Ki Hajar Dewantara diulas Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Minahasa

Penulis: Kharisma Kurama | Editor: Chintya Rantung
IST
Kadis Kominfo Minahasa Ulas Kepemimpinan Ki Hajar Dewantara 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Keteladanan Pahlawan Nasional Ki Hajar Dewantara diulas Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Minahasa, Agustivo Tumundo.

Hal itu terlihat saat dirinya dipercayakan sebagai narasumber dalam pemantapan peserta dan Pelatihan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) tahun 2021 yang menjalani masa Karantina selama 19 hari di Hotel Whize Prime Manado.

Tumundo yang juga Purna Paskibraka Indonesia (PPI) 1987 dan mantan Sekretaris PPI Provinsi Sulut Periode 1993-1996 tampil dengan materi Kepemimpinan.

Dihadapan 30 peserta calon Paskibraka Sulut yang di utus oleh Kabupaten/Kota se-Sulut ini, Tumundo yang juga Majelis Pertimbangan Organisasi PPI Sulut saat ini, mengulas 3 konsep kepemimpinan Ki Hajar Dewantara.

Tumundo mengatakan Ki Hajar Dewantara sebagai salah satu founding father pendidikan Indonesia telah mencetuskan 3 konsep kepemimpinan.

Hal ini baginya dianggap baik diterapkan oleh para generasi muda bangsa sebagai calon pemimpin di masa depan, yaitu Ing ngarsa sung tulada, Ing madya mangun karsa, dan Tut wuri Handayani.

“Ing ngarso sung tulada artinya adik-adik sebagai calon pemimpin nanti hendaknya selalu berada di depan untuk memberi teladan, dengan kata lain harus menjadi contoh yang baik bagi anak buah,” kata Tumundo.

Ing madya mangun karsa, kata Tumundo, artinya sebagai pemimpin harus turun bersama ke bawah bersama yang dipimpin untuk memberikan karya dan berjuang bersama.

“Untuk Tut wuri handayani, artinya sebagai pemimpin ada saatnya berada di belakang untuk memberikan dorongan, sambil menciptakan proses pengkaderan yang baik untuk masa depan organisasi,” urai Tumundo.

Lanjut mantan Wakil Ketua 1 PPI Sulut Periode 1996-2000 dan Ketua PPI Kodya Bitung pertama tahun 1990-1993 yang lalu. Tugas sebagai calon Paskibraka sangat berat namun mulia.

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved