Breaking News:

Penanganan Covid

Covid-19 Varian Delta Sudah Ada di Bitung

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Bitung dr Piter Lumingkewas bilang, pihaknya sudah menerima hasil pemeriksaan terhadap spesimen Covid 19.

Penulis: Christian_Wayongkere | Editor: Rizali Posumah
tribunmanado.co.id/Christian Wayongkere
Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Bitung dr Piter Lumingkewas 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Penularan atau tranmisi Covid 19 varian Delta di Kota Bitung Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), dibenarkan Dinas Kesehatan Kota Bitung, Senin (9/8/2021).

Dalam keterangannya, Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Bitung dr Piter Lumingkewas bilang, pihaknya sudah menerima hasil pemeriksaan terhadap spesimen Covid 19.

Di mana ada delapan sempel terdeteksi covid 19, yang dikirim ke Jakarta untuk diketahui variannya karena di Kota Manado belum ada pemeriksaan varian covid 19.

"Dari delapan sempel, tujuh di antaranya varian delta dan di Bitung ada empat.

Operasi Yustisi di Kota Bitung, Provinsi Sulawesi Utara.
Operasi Yustisi di Kota Bitung, Provinsi Sulawesi Utara. (Dokumentasi Sat Pol PP Kota Bitung)

Sempel itu dikirim pada 25 dan 26 Juli 2021 kemudian hasilnya disampaikan pada tanggal 8 Agustus 2021.

"sehingga jika dilihat waktunya pasien yang kena varian itu sudah kelar menjalani isolasi mandiri (Isoman)," kata dr Piter Lumingkewas, Plt Kepala Dina Kesehatan Kota Bitung Senin (9/8/2021).

Piter Lumingkewas menjelaskan, pada saat pemeriksaan sampel itu di medio tanggal 25 - 26 Juli 2021 statistik angka kasus masih landai.

"awal penuluran tranmisi meningkat cepat diduga mayoritasnya varial Delta," ujar dia.

Ia menjelaskan, meskipun tidak bisa dibuktikan keseluruhan, karena harus dilakukan pemeriksaan di Jakarta namun jika melihat sempel, di Bitung itu sudah ada varian Delta.

"Ini juga kenapa peningkatan cepat, karena varial delta tingkat penularan lebih luar biasa ketimbang varian awal," jelasnya.

Halaman
123
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved