Breaking News:

RHK Senin 2 Agustus 2021

BACAAN ALKITAB Yunus 1:4-6 - Sabda Allah di Tengah Badai

Bumi, laut, alam semesta dengan segala isinya, baik di bawah, di atas, maupun di dalamnya, adalah ciptaan-Nya.

Editor: Aswin_Lumintang
Ist
Kisah Yunus Diperut Ikan Akibat Menghindar dari Perintah Tuhan 

Yunus 1:4-6

TRIBUNMANADO.CO.ID - Bumi, laut, alam semesta dengan segala isinya, baik di bawah, di atas, maupun di dalamnya, adalah ciptaan-Nya. Semua ada dalam kuasa dan kendali-Nya. Semuanya tunduk pada kekuasaan-Nya.

Bahkan jika manusia tidak lagi tunduk kepada Tuhan dan tidak lagi memuji Allah, Allah akan memakai alam ini untuk kemuliaan-Nya. Alam ini akan memuji Tuhan, menurut kehendak Tuhan (Mazmur 148:7, .

Ketika manusia juga tidak taat pada-Nya, Allah bisa bersabda melalui alam untuk menundukkannya agar menjadi percaya dan taat. Termasuk kepada Yunus. Allah memakai angin ribut dan badai besar menyadarkan dan menundukkan Yunus. Allah berfirman melalui badai dan gelombang kepada Yunus.

Ilustrasi renungan
Ilustrasi renungan (internet)

Kapal yang ditumpangi Yunus oleng. Bahkan nyaris terpukul hancur oleh badai dahsyat itu. Semua penumpang dan ABK (anak buah kapal) pun ketakutan.

Demikian firman Tuhan hari ini.
Tetapi TUHAN menurunkan angin ribut ke laut, lalu terjadilah badai besar, sehingga kapal itu hampir-hampir terpukul hancur.

Awak kapal menjadi takut, masing-masing berteriak-teriak kepada allahnya, dan mereka membuang ke dalam laut segala muatan kapal itu untuk meringankannya. Tetapi Yunus telah turun ke dalam ruang kapal yang paling bawah dan berbaring di situ, lalu tertidur dengan nyenyak.

Datanglah nakhoda mendapatkannya sambil berkata: "Bagaimana mungkin engkau tidur begitu nyenyak? Bangunlah, berserulah kepada Allahmu, barangkali Allah itu akan mengindahkan kita, sehingga kita tidak binasa." (ay 4-6)_

Yunus, si hamba Tuhan pemberani itu, malah tertidur nyenyak di tengah badai menderu. Yunus, orang yang tidak pernah takut dengan apapun, kecuali kepada Tuhan. Termasuk kepada alam. Sebab dia sangat tahu, alam adalah milik Tuhan dan berada dalam kendali-Nya. Dia tahu bahwa Tuhan akan menolongnya.

Maka, meski angin ribut menerpa, badai dahsyat menderu dan mendera kapal mereka, dia santai saja dan menikmatinya dalam tidur nyenyak.

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved