Breaking News:

Nasional

Jokowi Sebut Lockdown Tak Menjamin Masalah Penyebaran Covid-19 di Indonesia Selesai

Menurut Jokowi Indonesia tak bisa menutup total kegiatan masyarakat seperti negara lain. Menurutnya, banyak rakyat menjerit saat pembatasan dilakukan

Editor: Finneke Wolajan
YouTube Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Lockdown atau karantina wilayah belum bisa menjamin masalah penyebaran virus corona (Covid-19) di Indonesia selesai. Demikian diungkap Presiden Joko Widodo ( Jokowi )

Menurut Jokowi Indonesia tak bisa menutup total kegiatan masyarakat seperti negara lain. Menurutnya, banyak rakyat menjerit saat pembatasan dilakukan.

Hal itu disampaikan Jokowi saat bicara alasan menerapkan PPKM Darurat dalam acara Pemberian Banpres Produktif Usaha Mikro di Halaman Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (30/7/2021).

"Kemarin PPKM Darurat itu kan namanya semi-lockdown. Masih semi saja, saya masuk ke kampung, saya masuk daerah, semuanya menjerit minta dibuka," kata Jokowi.

"Kalau lockdown, bisa kita bayangkan dan belum bisa menjamin juga dengan lockdown itu masalah (penyebaran virus corona) selesai," ujarnya.

Jokowi mengatakan pemerintah serius menangani krisis kesehatan akibat pandemi Covid-19.

Namun pada saat yang sama pemerintah juga punya tugas menyelesaikan krisis perekonomian.

Karena itu, pemerintah tidak mau mengambil keputusan lockdown, yang artinya harus menutup total semua kegiatan masyarakat termasuk kegiatan ekonomi.

"Seperti negara lain, lockdown. Itu artinya tutup total," ujar Jokowi.

Dalam ekonomi yang sedang perlahan bangkit, Jokowi meminta para pelaku usaha mikro dan kecil harus dapat bekerja lebih keras lagi dan tahan banting. Meski omzet turun dari 50 hingga 75 persen.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved