Breaking News:

Subsidi Pekerja Tedampak Pandemi

Pekerja Bergaji di Bawah Rp3,5 Juta Dapat BLT Subsidi Gaji Awal Agustus

Pemerintah menunjukkan kepedulian kepada pekerja yang bergaji kecil dengan memberikan Bantuan Langsung Tunai (BLT).

Editor: Aswin_Lumintang
Thinkstocks/Fitriyantoandi via Kompas.com
Ilustrasi uang rupiah 

TRIBUNMANADO.CO.ID, JAKARTA - Pemerintah menunjukkan kepedulian kepada pekerja yang bergaji kecil dengan memberikan Bantuan Langsung Tunai (BLT).

Bantuan langsung tunai (BLT) atau bantuan subsidi upah (BSU) kepada pekerja bergaji di bawah Rp3,5 juta akan cair dan disalurkan pada awal Agustus 2021. Pemerintah saat ini tengah menyelesaikan regulasi terkait penyaluran BSU itu.

”Insyaallah (penyaluran BSU dilakukan awal Agustus 2021),” kata Sekjen Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker), Anwar Sanusi, Kamis (29/7).

Ilustrasi rupiah
Ilustrasi rupiah (Thinkstockphotos.com)

Anwar mengatakan pihaknya baru saja merevisi daftar isian pelaksanaan anggaran (DIPA) dengan Direktorat Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan. Revisi DIPA diperlukan karena sebelumnya pemerintah tidak mengalokasikan dana untuk menyalurkan BSU tahun ini.

”Kami saat ini baru menyelesaikan regulasi. Kemudian revisi DIPA dengan dirjen anggaran. Semoga bisa kami segerakan," katanya.

Baca juga: Daftar Kabupaten/Kota yang Pekerjanya Dapat Subsidi Gaji Rp 1 Juta, Dilengkapi Syaratnya

Aturan penyaluran BSU tahun ini dituangkan dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) Nomor 16 Tahun 2021 tentang Perubahan Atas Permenaker Nomor 14 Tahun 2020 tentang Pedoman Pemberian Bantuan Pemerintah Berupa Subsidi Gaji atau Upah Bagi Pekerja atau Buruh dalam Penanganan Dampak Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Di Pasal 4 Permenaker itu disebutkan bahwa BLT subsidi gaji diberikan dalam bentuk uang tunai sebesar Rp500 ribu per bulan selama dua bulan sekaligus. Secara total, buruh akan mendapatkan Rp1 juta.

Ada beberapa syarat yang ditetapkan pemerintah untuk mendapatkan bantuan tersebut, antara lain warga negara Indonesia (WNI), peserta aktif program jaminan sosial ketenagakerjaan BPJS Ketenagakerjaan sampai Juni 2021, serta mendapatkan gaji paling besar Rp3,5 juta.

Baca juga: Masih Ingat Baim Alkatiri? Dulu Artis Cilik Imut Menggemaskan, Kini Sudah Remaja dan Dipuji Tampan

Baca juga: Kecelakaan Maut Pukul 09.00 WIB, Seorang Mahasiswi Kebidanan Tewas, Korban Terhantam Kereta Api

Baca juga: Kader PDIP Kota Semarang Serahkan Gaji Untuk Penanganan COVID-19

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved