Breaking News:

 Urus Dokumen di Disdukcapil Sitaro  Tak Perlu Surat Vaksinasi

Jadi tidak ada perubahan apapun untuk persyaratan mengurus dokumen kependudukan

Penulis: Octavian Hermanses | Editor: Charles Komaling
tribunmanado.co.id/Octavian Hermanses
Aktivitas pelayanan di Dinas Dukcapil Kabupaten Sitaro. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Program vaksinasi menjadi salah satu cara pemerintah dalam upaya pengendalian penyebaran Corona Virus Disease 2019 atau Covid-19.

Berbagai cara dilakukan pemerintah untuk menggenjot program tersebut. Belakangan di sejumlah daerah di Indonesia, sertifikat vaksinasi pertanda seseorang telah menjalani vaksinasi dijadikan persyaratan dalam mengurus dokumen administrasi kependudukan.

Namun demikian, aturan tersebut belum berlaku di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro). "Sampai saat ini, kami (Dinas Dukcapil) belum memasukan sertifikat vaksin sebagai syarat bagi masyarakat untuk mengurus dokumen administrasi kependudukan," terang Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Sitaro, Sem Makasihae, Rabu (28/7/2021).

Menurut Makasihae, sejauh ini pihaknya masih menerapkan Standar Operasional Prosedur (SOP), termasuk persyaratan pengurusan dokumen adminduk sebagaimana biasanya.

"Jadi tidak ada perubahan apapun untuk persyaratan mengurus dokumen kependudukan," lanjutnya.

Namun demikian, dalam kondisi pandemi Covid-19 saat ini, Dinas Dukcapil Sitaro mulai menerapkan protokol kesehatan secara ketat untuk mencegah adanya penyebaran virus corona di lingkungan sehingga berujung pada munculnya klaster baru.

"Perubahan hanya pada pengetatan penerapan protokol kesehatan, baik dari internal pegawai kami maupun masyarakat yang akan mengurus dokumen atau ada kepentingan lain di kantor kami," terang Makasihae.

Dia menyebut, Dinas Dukcapil merupakan salah satu OPD dalam pemerintah daerah yang kerap berhubungan langsung dengan masyarakat. Untuk itu, pelayanan prima di tengah mewabahnya Covid-19 ini terus dioptimalkan.

"Kita tetap membuka pelayanan meskipun dalam situasi seperti ini. Makanya kita memperketat protokol kesehatan. Apabila ada yang datang tidak menggunakan masker, maka kita arahkan untuk menggunakan masker," sambungnya.

Dia menambahkan, pasca penyebaran virus corona sejak 2020 lalu, hingga kini tercatat 10 pegawai di Dinas Dukcapil Sitaro pernah terpapar Covid-19.

"Untuk saat ini, ketika ada pegawai yang kurang sehat, saya langsung arahkan untuk istirahat di rumah. Jangan menunggu hasil tes dan sebagainya. Lebih baik lakukan pencegahan sedini mungkin," ujar Makasihae. (her)

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved