Breaking News:

RHK Senin 26 Juli 2021

BACAAN ALKITAB   Kisah Para Rasul 5:3 - Iblis Mengincar Orang Saleh

Jemaat mula-mula adalah kumpulan orang-orang saleh yang sudah bertobat, percaya dan mengikuti Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat dunia.

Editor: Aswin_Lumintang
internet
Ilustrasi Renungan 

   Kisah Para Rasul 5:3
TRIBUNMANADO.CO.ID - Jemaat mula-mula adalah kumpulan orang-orang saleh yang sudah bertobat, percaya dan mengikuti Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat dunia. Mereka telah berkomitmen untuk saling membangun, tolong menolong dan hidup bersama dalam kasih yang diajarkan Tuhan Yesus.

Ananias dan Safira termasuk sebagai keluarga atau suami isteri yang saleh, baik dan terpandang di antara jemaat waktu itu. Karena mereka ikut bersama jemaat dalam pelayanan rasul-rasul.

ilustrasi
ilustrasi ()

Karena itu, tak ada yang mencurigai atau menyangka kalau ada di antara mereka yang bakal berbuat jahat atau melanggar nilai-nilai kehidupan berjemaat yang sudah dibangun bersama, yakni, senasib, sepenanggungan, serasa dan sehati dalam kebersamaan.

Namun ternyata, iblis tidak tinggal diam. Dia mengincar orang saleh ketika itu. Tak terkecuali Ananias dan Safira. Iblis berhasil menguasai hati keduanya, sehingga timbul tipudaya di antara keduanya ketika menjual tanah milik mereka.

Demikian firman Tuhan hari ini.
  Tetapi Petrus berkata: "Ananias, mengapa hatimu dikuasai Iblis, sehingga engkau mendustai Roh Kudus dan menahan sebagian dari hasil penjualan tanah itu?"  (ay 3)_

Ananias dan Safira hilang kendali ketika iblis menggoda dan menawarkan kesenangan sesaat. Mereka lupa akan predikat mereka sebagai orang saleh, yang sudah ikut dalam nazar untuk hidup kudus di bawah tuntunan Roh Kudus. Iblis berhasil merebut hati mereka. Mereka dipedaya iblis dan akhirnya mendustai dan mengkhianati Roh Kudus.

Mereka pun mengatur persekongkolan untuk mengambil untung, tapi sekaligus mendapatkan nama sebagai pemberi atau donatur dalam kebersamaan hidup berjemaat.

Tapi Roh Kudus tidak dapat didustai atau dipedaya oleh iblis. Rasul Petrus yang dikuasai Roh Kuduspun menghardik Ananias. Dengan tegas Petrus mengatakan bahwa hati Ananias sudah dikuasai iblis dan tega mendustai bahkan mengkhianati Roh Kudus. Dia harus menanggung akibat kejatuhannya pada iblis itu.

Sahabat Kristus, bukan hanya jemaat mula-mula yang diincar iblis. Tapi kita juga yang hidup di zaman now. Iblis tidak pernah lelah dan berhenti memedaya orang beriman, yang saleh dan taat kepada Tuhan. Apalagi hamba Tuhan.

Iblis terus berusaha menjatuhkan orang percaya. Karena itu kita harus waspada dan berjaga-jaga. _"Sadarlah dan berjaga-jagalah! Lawanmu, si Iblis, berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-aum dan mencari orang yang dapat ditelannya." (1 Petrus 5:8)_

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved