Breaking News:

Kompas

Harian Kompas Raih Penghargaan Tertinggi Emas dalam Asian Media Awards 2021

Anugerah tertinggi emas diperoleh Kompas dalam kategori Desain Halaman Depan Surat Kabar, yakni Kompas 2 September 2020

Editor: Aldi Ponge
kompas.id
Kompas edisi 28 Juni 2020 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Kamis (22/7/2021), Asosiasi Surat Kabar dan Penerbit Berita Dunia (WAN-IFRA) memberikan penghargaan tertinggi emas dalam Asian Media Awards 2021 kepada Harian Kompas

Anugerah tertinggi emas diperoleh Kompas dalam kategori Desain Halaman Depan Surat Kabar, yakni Kompas 2 September 2020 atau edisi peringatan enam bulan setelah Presiden Joko Widodo mengumumkan pertama kali warga Indonesia terinfeksi Covid-19.

Kompas juga meraih dua perunggu. Keduanya masing-masing untuk kategori Foto Terkait Covid-19 dan Pemasaran Koran (Newspaper Marketing) bertema ” Masker Kompas55”, yakni edisi khusus harian Kompas saat berusia 55 tahun.

Dalam Kompas edisi 2 September 2020, halaman depan menampilkan ikon yang menyimbolkan jumlah orang yang positif Covid-19, korban meninggal, dan mereka yang sembuh.

Judul di halaman muka Kompas edisi 2 September 2020 ialah ”Bersiap yang Terburuk, Berharap Terbaik”. Edisi ini disiapkan oleh Redaksi Kompas sebagai edisi khusus peringatan enam bulan Covid-19 di Tanah Air.

Selain ikon orang, halaman muka edisi khusus Kompas 2 September 2020 juga menampilkan grafik jumlah kasus positif Covid-19 yang terus meningkat.

Dalam ringkasannya, WAN-IFRA menilai, halaman muka Kompas menampilkan infografik sederhana berupa ikon yang menunjukkan banyaknya jumlah korban Covid-19.

Kompas edisi 2 September 2020
Kompas edisi 2 September 2020 (TANGKAPAN LAYAR)

Tak hanya statistik, halaman muka itu juga menampilkan jumlah korban, dan akan kian banyak korban, jika tiada tindakan nyata masyarakat melindungi diri dan lingkungan dari Covid-19.

Edisi ini disiapkan oleh Redaksi Kompas sebagai edisi khusus peringatan enam bulan Covid-19 di Tanah Air.

Manajer Desk Visual Kompas Pandu Lazuardi mengatakan, dengan ribuan warga terkonfirmasi positif Covid-19, muncul ide menggambarkan jumlah mereka yang positif, meninggal, dan sembuh dalam format infografik.

Hal itu sederhana, tetapi perlu ketelitian, kesabaran, dan akurasi. ”Visualisasi itu memberikan gambaran Covid-19 tak bisa dianggap remeh,” ujarnya.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved