Kabar Israel

Israel Bombardir Warga Suriah dan Lebanon dengan Roket, Terungkap Pemicunya

Sistem pertahanan udara Suriah pun langsung merespon serangan udara tersebut dengan meluncurkan rudal-rudal untuk mencegat senjata

Editor: Rhendi Umar
THE TIMES OF ISRAEL / ISRAEL DEFENSE MINISTRY
(Ilustrasi) Peluncuran rudal dari pangkalan udara Palmachim di pusat Israel pada Juli 2018 lalu.(THE TIMES OF ISRAEL / ISRAEL DEFENSE MINISTRY) 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Sebuah Serangan rudal dilancarkan Israel ke wilayah Suriah.

Rudal tersebut menyasar para militan pro-Iran yang beraliansi dengan rezim Damaskus.

Sementara serangan ke Lebanon merupakan respon dari Israel atas serangan roket yang diarahkan ke wilayahnya.

Dalam serangan udara ke wilayah Suriah Utara, roket dari Israel menewaskan lima militan pro-Iran.

Roket-roket yang diluncurkan oleh Israel meluncur pada Senin (19/7/2021) tengah malam.

Sistem pertahanan udara Suriah pun langsung merespon serangan udara tersebut dengan meluncurkan rudal-rudal untuk mencegat senjata yang ditembakan dari Israel.

Kantor berita negara Suriah, SANA, mengutip sumber militer yang mengatakan, "Sekitar pukul 23.37 pada Senin...musuh Israel melakukan serangan udara ke arah tenggara Aleppo, menargetkan posisi di daerah Al-Safira."

"Pertahanan udara kami mencegat rudal...menembak jatuh sebagian besar dari mereka," tambahnya seperti yang dikutip dari Kompas.com dalam artikel berjudul "Serang Israel di Suriah Tewaskan 5 Militan Pro-Iran,".

Observatorium mengatakan rudal mendarat di dekat Pusat Penelitian Studi Ilmiah di Al-Safira, menewaskan 2 militan Suriah dan 3 militan non-Suriah lainnya, serta menghancurkan pangkalan yang digunakan oleh kelompok pro-Iran dan depot senjata di dekatnya.

Sejak pecahnya perang saudara Suriah pada 2011, Israel secara rutin melakukan serangan di Suriah, sebagian besar menargetkan pasukan Hezbollah Iran dan Lebanon serta pasukan pemerintah Suriah.

Israel jarang mengkonfirmasi serangan di Suriah, tetapi tentara negara Yahudi itu mengatakan telah mencapai sekitar 50 target di negara yang dilanda perang itu, tanpa memberikan rincian.

Negara Yahudi itu mengatakan sedang berusaha untuk mencegah Iran memberikan dukungan militer kepada Suriah.

Iran diketahui menjadi salah satu sekutu utama pemerintah Suriah dalam perang saudara yang telah berlangsung selama satu dekade.

Pada Juni, serangan udara Israel di Suriah tengah menewaskan sedikitnya 11 tentara pemerintah dan milisi.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved