Breaking News:

Laut China Selatan

Armada Militer Inggris dan Jepang Lintasi Medan Konflik Laut China Selatan

Ketegangan di Laut Cina Selatan dikhawatirkan semakin meningkat dengan masuknya armada Kapal Laut Inggris di wilayah laut

Editor: Aswin_Lumintang
wikipedia common
Kapal induk HMS Queen Elizabeth saat melintasi Selat Gibraltar. Kapal ini akan hadir di Jepang dan Korsel, setelah melintasi Laut China Selatan yang sedang dilanda ketegangan politik militer. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, TOKYO - Ketegangan di Laut Cina Selatan dikhawatirkan semakin meningkat dengan masuknya armada Kapal Laut Inggris di wilayah laut yang masih menjadi lokasi konflik.

Inggris mengumumkan rencana untuk secara permanen mengerahkan armada kapal angkatan lautnya ke Jepang, berlayar melalui medan konflik Laut Cina Selatan.

Keputusan Inggris ini mempertegas strategi negara-negara barat meningkatkan keterlibatan di kawasan Pasifik dan Asia Timur.

Kapal induk HMS Queen Elizabeth saat melintasi Selat Gibraltar. Kapal ini akan hadir di jepang dan Korsel, setelah melintasi Laut China Selatan yang sedang dilanda ketegangan politik militer.
Kapal induk HMS Queen Elizabeth saat melintasi Selat Gibraltar. Kapal ini akan hadir di jepang dan Korsel, setelah melintasi Laut China Selatan yang sedang dilanda ketegangan politik militer. (wikipedia common)

Inggris mengerahkan dua kapal angkatan laut ke perairan sekitar Jepang akhir tahun ini menjelang kedatangan kelompok kapal induk HMS Queen Elizabeth di Jepang.

“Menyusul pengerahan perdana kelompok penyerang itu, Inggris akan secara permanen menugaskan dua kapal di kawasan itu mulai akhir tahun ini,” kata Menteri Pertahanan Inggris Ben Wallace di Tokyo, Selasa (20/7/2021).

Ia bertemu rekan sejawatnya, Menlu Jepang, Nobuo Kishi. “Kami akan menghormati Cina dan kami berharap Cina menghormati kami. Kami akan berlayar di mana hukum internasional memungkinkan,” kata Wallace.

Wallace menambahkan kapal-kapal perang Inggris tidak akan secara khusus berbasis di pelabuhan Jepang tetapi akan berpatroli di perairan sekitarnya.

Baca juga: Pemprov Sulut Respon Teguran Mendagri, Dana Insentif Nakes Aman, Siap Dana Cadangan Rp 21 Miliar

Baca juga: BMKG: Peringatan Dini Rabu 21 Juli 2021, Cuaca Ekstrem Berpotensi di 17 Wilayah

Jepang adalah mitra strategis Inggris dan AS, berpartisipasi dalam latihan militer bersama dan menjadi tuan rumah konsentrasi terbesar pasukan Amerika di luar negeri.

Kapal perang terbesar Angkatan Laut Kerajaan Inggris, HMS Queen Elizabeth akan tiba di Jepang pada September 2021.

Armada itu akan berpartisipasi dalam latihan bersama Pasukan Bela Diri Tokyo.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved