Breaking News:

Bacaan Alkitab

Renungan Minggu 18 Juli 2021, Amsal 4:1-2 : Dengarkan Didikan Ayahmu

Raja Salomo sebagai sosok ayah yang bijak dan berhikmat, mengungkapkan tentang penting dan gentingnya didikan ayah (orangtua) kepada anak-(anak)-nya.

Editor: Aldi Ponge
Istimewa
Renungan Harian Kristen 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Ada ungkapan: "Sebuas-buasnya singa, tak akan memangsa anaknya sendiri." Juga ada pepatah mengatakan: "di ujung cambuk, ada emas."  

Dua hal tersebut dapatlah mewakili bagaimama peran orangtua dalam mendidik anaknya. Bahwa meski watak dan kepribadian atau sosok seorang ayah atau orangtua tampak ganas, tapi sesungguhnya di balik itu dia memiliki hati yang sangat mengasihi dan melindungi anaknya. Dia bertanggingjawab terhadap kehidupan dan masa depan anaknya.

Sekalipun dia terkesan keras, dalam mendidik, sesungguhnya itu adalah ekspresi ketegasan akan cinta kasihnya kepada sang anak.

Maka demi cinta dan kasihnya kepada anak, cemeti atau cambuknya pun dia "rela" pakai untuk mendidik anaknya, agar menjadi anak yang baik.

Raja Salomo sebagai sosok ayah yang bijak dan berhikmat, mengungkapkan tentang penting dan gentingnya didikan ayah (orangtua) kepada anak-(anak)-nya.

Didikan seorang ayah adalah kehidupan bagi anaknya. Sehingga dia memiliki pengertian dan ilmu pengetahuan yang baik di jalan hidupnya.

Demikian firman Tuhan hari ini. "Dengarkanlah, hai anak-anak, didikan seorang ayah, dan perhatikanlah supaya engkau beroleh pengertian, karena aku memberikan ilmu yang baik kepadamu; janganlah meninggalkan petunjukku." (ayat 1, 2).

Ekspresi, metode, cara, pola atau model setiap ayah (orangtua) dalam mendidik anak-anaknya, berbeda.

Bahkan ada orangtua tertentu karena hikmatnya, berbeda caranya mendidik setiap masing-masing anaknya.

Tapi itu bukan berarti sang ayah atau ibu pilih kasih atau membeda-bedakan anak-anaknya.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved