Breaking News:

Penanganan Covid

Kasus Covid-19 Melonjak, Tabung Oksigen di Dua Rumah Sakit di Bitung Masih Terjaga

Menghadapi lonjakan angka kasus Covid-19 di Bitung, sejumlah rumah sakit mempersiapkan fasilitas pendukung seperti tempat tidur dan tabung oksigen

Penulis: Christian_Wayongkere | Editor: David_Kusuma
Tribun manado / Christian Wayongkere
Tenda shelter ukuran 6 x 10 meter warna merah putih milik Dinas Sosial Kota Bitung yang berdiri di depan ruang IGD Rumah Sakit (RS) Manembo-Nembo tipe C di Bitung. Tenda untuk tempat screaning pasien yang akan masuk rumah sakit. 

Manado, TRIBUNMANADO.CO.ID - Menghadapi lonjakan angka kasus Covid-19 di Kota Bitung, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), sejumlah rumah sakit mempersiapkan fasilitas pendukung seperti tempat tidur dan tabung oksigen untuk pasien Covid-19.

Menurut  Kepala Rumah Sakti TNI AL (Rumkital) dr Wahyu Slamet Bitung Letkol Laut (K) drg I Wayan Tapa Yasa, awalnya pihaknya menyiapkan 14 kamar serta tempat tidurnya khusus untuk pasien Covid 19.

Lalu ditambah menjadi 17, kemudian 21 dan sekerang bertambah 18.

"Sehingga total 39. Yang 18 itu plus empat lainnya bentuknya bansal. 1 bangsal ada enam tempat tidur. Dulunya kami pakai yang paviliun atau VIP ada dapur kamar mandi dan ruang inap, untuk Covid 19 kami korbankan ruang VIP," tutur I Wayan Tapa Yasa, Jumat (16/7/2021).

Lanjut I Wayan Tapa Yasa hingga Jumat hari ini pasien Covid-19 di Rumkital dr Wahyu Slamet Bitung ada 28 orang dengan ketersediaan lima tabung oksigen terisi full.

Keberadaan kamar VIP atau paviliun di Rumkital dr Wahyu Slamet Bitung, ada beberapa yang dikorbankan untuk tempat pasien covid-19 yaitu Paviliun Bunaken, Lembeh untuk pasien umum covid 19 dan satu Paviliun Gangga untuk tenaga kesehatan (nakes).

Baca juga: Bulog Salurkan Beras PPKM untuk Sulut, 1.813 Ton untuk 181.377 KPM

Wayan jelaskan, sesuai permintaan satgas Covid-19 Provinsi Sulut memperkirakan ada peningkatan kasus naik 30 persen, sehingga pihaknya diminta tambah kapasitas 30 persen dari total tempat tidur total 75 dikalikan 30 persen ada 23 tempat tidur.

"Namun yang sudah kami siapkan saat ini 39 tempat tidur, dari 23 tempat tidur yang dimintakan," tambahnya.

Ada tenaga kesehatan (nakes) yang sempat terpapar Covid-19 dan sudah dilakukan penanganan dan pelayanan dengan baik dan benar di tempat lokasi atau isolasi, diutamakan dan diprioritaskan.

Pihaknya menyiapkan empat tempat tidur di luar 39 tempat tidur untuk pasien Covid-19.

Halaman
123
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved