Breaking News:

Penanganan Covid

Melihat Kesiapan Lima Rumah Isolasi di Kabupaten Sitaro

Kasus Corona Virus Disease 2019 atau Covid-19 di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) terus mengalami peningkatan.

Penulis: Octavian Hermanses | Editor: Chintya Rantung
Octavian Hermanses/Tribun manado
Wabup John Palandung didampingi Kadis Kesehatan dan Camat Sitim meninjau kesiapan rumah isolasi Mebura. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Kasus Corona Virus Disease 2019 atau Covid-19 di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) terus mengalami peningkatan.

Dua Rumah Sakit, khususnya Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lapangan Sawang yang menyediakan 20 tempat tidur khusus pasien Covid-19 nyaris penuh.

Untuk menangani persoalan ini, pemerintah daerah menyiapkan sejumlah skenario dalam rangka penanganan pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Mulai dari pengalihan status RSUD menjadi Rumah Sakit khusus Covid-19 hingga penyediaan lima gedung yang akan dijadikan rumah isolasi.

Meski demikian, rumah isolasi yang terdiri dari Pasar Mebura Ulu Siau, Eks Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sitaro, Gedung Industri Kecil Menangah (IKM) Sitaro, Balai Latihan Keterampilan (BLK) Tagulandang serta Pasar Lamanggo Biaro hanya diperuntukan bagi pasien yang menjalani masa pemulihan pasca penanganan medis di Rumah Sakit atau Puskesmas.

Wakil Bupati Kepulauan Sitaro John Palandung yang meninjau langsung kesiapan beberapa rumah isolasi di wilayah Siau menjelaskan, di tengah lonjakan kasus Covid-19, pemerintah daerah memandang perlu untuk menyiagakan tempat atau sarana penanganan pasien layaknya fasilitas kesehatan.

"Kita telah menyiapkan beberapa tempat khusus (rumah isolasi), karena melihat lonjakan dari Covid-19 saat ini di Sitaro.

Apalagi kapasitas rumah sakit dan puskesmas kita sangat terbatas," ungkap Palandung, Kamis (15/7/2021).

Dia menyebut, tempat tersebut akan dikhususkan bagi pasien yang telah menjalani penanganan intensif, baik di Rumah Sakit maupun Puskesmas.

Sehingga, sambungnya, akan ada tempat bagi pasien lain di setiap faskes yang ada di Sitaro.

Halaman
123
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved