Breaking News:

Berita Bolmong

20 IKM di Bolmong Diajari Kelola Rotan Jadi Kerajinan Seni Bernilai Ekonomi

DPESDM) Kabupaten Bolmong bekerjasama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulut menggelar Bimtek kerajinan berbahan baku rotan/mintu.

Penulis: Nielton Durado | Editor: Chintya Rantung
Istimewa/Dinas DPESDM Bolmong
Para pelaku IKM yang mengikuti Bimtek kerajinan berbahan baku rotan/mintu. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Dinas Perdangan dan Energi Sumber Daya Mineral (DPESDM) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) bekerjasama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) menggelar Bimbingan Teknik (Bimtek) kerajinan berbahan baku rotan/mintu.

Kegiatan ini dilaksanakan pada Rabu (14/7/2021) di Hotel Kendis, Lolak, Kabupaten Bоlmоng.

Bimtek yang dilaksanakan selama dua hari dimulai ini, dibuka Kepala Dinas Perdagangan dan ESDM Bolmong Ramlah Mokodongan.

Kegiatan ini diikuti pengrajin lokal daerah yag terdiri dari 20 Industri Kecil Menengah (IKM) di Bolmong.

Kepala Dinas Perdagangan dan ESDM Bolmong Ramlah Mokodongan mengatakan, salah satu pengembangan potensi industri kreatif adalah adanya dampak positif yang akan berpengaruh pada kehidupan sosial, dan iklim bisnis.

“Kehadiran kerajinan rotan/mintu merupakan salah satu industri kreatif secara langsung maupun tidak langsung, merupakan obyek dan daya tarik wisata yang dapat mendorong orang untuk datang atau mengunjungi industri kreatif tersebut," kata Ramlah ketika dihubungi Tribunmanado.co.id, Kamis (15/7/2021).

Menurutnya, Kabupaten Bolmong sebagai salah satu kabupaten di indonesia yang memiliki potensi industri kreatif, dan apabila dikelola akan menjadi daya tarik wisata daerah.

“Kerajinan Rotan atau mintu di Kabupaten Bolmong memiliki prospek bagus, karena telah memiliki potensi pasar nasional juga menyertakan kearifan lokal," tegas dia.

Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow mengapresiasi kegiatan tersebut.

Menurutnya, pengembangan potensi industri seperti kerajinan wajib didorong.

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved