Breaking News:

Bacaan Alkitab

Bacaan Alkitab Rabu 14 Juli 2021, 1 Tesalonika 5:15 : Baik tidak Baik, Harus Baik

Itulah realitas hidup manusia di zaman dulu hingga situasi kekinian, ada orang yang membalas kejahatan dengan kejahatan bahkan lebih jahat lagi.

Editor: Aldi Ponge
Tribun Manado/Indra Sudrajat
ILSUTRASi Renungan 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Ada beberapa ungkapan sbb: "kejahatan, harus dibalas kejahatan" atau pembalasan lebih kejam dari perbuatan."

Ada juga: "air susu dibalas dengan air tuba." Dan, "kebaikan harus dibalas, setimpal dengan kebaikan."

Itulah realitas hidup manusia di zaman dulu hingga situasi kekinian, ada orang yang membalas kejahatan dengan kejahatan bahkan lebih jahat lagi.

Ada pula orang yang tidak tahu diri, yakni membalas kebaikan dengan kejahatan. Tapi ada yang berbuat baik karena diperlakukan baik. Maka dia membalasnya dengan berbuat baik pula.

Mari bandingkan dengan nasihat Rasul Paulus kepada jemaat di Tesalonika. Yakni nasihat tentang bagaimana membangun relasi dengan sesama dan bagaimana bersikap terhadap seseorang dan semua orang, dalam prilaku hidupnya sehari-hari.

Paulus menasihati agar semua jemaat harus berbuat baik. Berbuat baik, tanpa batas dan tanpa alasan. Berbuat baik kepada semua orang, siapapun, sekalipun diperlakukan jahat.

Tidak boleh membalas kejahatan dengan kejahatan. Tapi haruslah selalu melakukan yang baik kepada semua orang.

Demikian Firman Tuhan hari ini. "Perhatikanlah, supaya jangan ada orang yang membalas jahat dengan jahat, tetapi usahakanlah senantiasa yang baik, terhadap kamu masing-masing dan terhadap semua orang." (ayat 15)

Berbuat baik kepada semua orang tanpa kecuali dan tanpa pilih bulu. Kepada siapapun, orang dan keluarga Kristen, tidak boleh berlaku jahat.

Harus berbuat baik tanpa alasan apapun juga. Orang Kristen tetap wajib berprilaku baik kepada siapa saja, tanpa memandang rendah seorangpun dan siapapun itu.

Halaman
123
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved