Breaking News:

Berita Sulut

Pertarungan Pilkada Sulut 2024 Tanpa Petahana, Ini Kata Pengamat Politik Taufik Tumbelaka

Pengamat Politik Sulut Taufik Tumbelaka mengatakan, Peta kekuatan politik saat ini menunjukan PDI Perjuangan Sulut memiliki posisi lebih baik

Penulis: Majer Lumantow | Editor: Rhendi Umar
ryo noor/tribun manado
Taufik Tumbelaka Pengamat Politik. PDI Perjuangan tak akan Serahkan Posisi Menhan, Olly Dondokambey Kandidat Utama. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Pengamat Politik Sulut Taufik Tumbelaka mengatakan, Peta kekuatan politik saat ini menunjukan PDI Perjuangan Sulut memiliki posisi lebih baik dibandingkan partai politik (parpol) lain. 

Menurutnya, Hal ini dikarenakan dalam menghadapi Pemilu Legislatif 2019 dan Pilkada 2020 terlihat jelas PDI Perjuangan mempersiapkannya dengan baik.

"Salah satu yang sangat dipersiapkan adalah Pilkada 2020. Diketahui Pilkada 2020 dilaksanakan serentak pada 9 Propinsi dan 261 kabupaten/kota (untuk Sulut Pilgub dan Pilkada 7 Kabupaten/ Kota) adalah semacam 'batu loncatan' di Pilkada Serentak tahun 2024," beber Tumbelaka kepada Tribunmanado.co.id.

Dikatakan Tumbelaka, menguasai Pilkada Serentak 2020 Sulut adalah bagian dari strategi politik memperbesar probabilita kemenangan.

Dan itu dengan jitu dimainkan oleh PDI Perjuangan Sulut.

Tumbelaka menjelaskan, Untuk parpol lain diluar PDI Perjuangan akan ada peluang memperbesar probabilitas kemenangan jika terjadi 3 hal,

Pertama, berhasil mendapat figur kuat untuk menjadi pilihan menarik bagi publik

Kedua, berhasil memperkuat kesolidan tim dan ketiga, menyiapkan strategi terhadap potensi melemahnya kesolidan internal PDI Perjuangan

"Karena di tahun 2024 PDI Perjuangan akan berpotensi melemah karena masalah internal," sebutnya.

Lanjut Tumbelaka, di poin 3 menjadi tantangan berat bagi PDI Perjuangan dikarenakan berpotensi muncul ketidak-kompakan di internal. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved