Breaking News:

Penanganan Covid

Terkait 18 Kasus Positif Covid di Bolmut, Pengamat Epidemiologi: Bisa Saja Itu Varian Delta

Pengamat Epidemiologi Sulut Jonesius Manoppo mengatakan, Kabupaten Bolmut merupakan daerah perbatasan Sulut-Gorontalo

Penulis: Majer Lumantow | Editor: Chintya Rantung
istimewa
dr Jonesius Manoppo Dosen Epidemiologi Unima 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Secara mengejutkan Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Provinsi Sulut ketambahan 18 kasus orang terkonfirmasi Positif covid-19.

Pasalnya, sebelumnya, Kabupaten yang berada di perbatasan antara Provinsi Sulut dan Provinsi Gorontalo tersebut masih dalam kategori zona kuning, atau masih tergolong aman dari penularan Covid-19.

Menanggapi hal tersebut, Pengamat Epidemiologi Sulut Jonesius Manoppo mengatakan, Kabupaten Bolmut merupakan daerah perbatasan Sulut-Gorontalo, disana aktivitas ekonomi bahkan lebih condong ke Gorontalo karena jarak yang dekat dibanding ke Ibukota Provinsi Sulut.

"Kita ketahui, beberapa waktu ini Provinsi Gorontalo sudah mendeklarasikan bahwa varian Delta sudah masuk kesana, tidak menutup kemungkinan bahwa yang sedang beredar saat ini di Bolmut termasuk varian Delta tersebut," ungkap Manoppo kepada Tribun Manado.

Hanya saja, kata Manoppo, perlu dipastikan lagi dan dibuktikan dengan hasil dari laboratorium, walaupun kemungkinan terbesar itu merupakan varian Delta karena alasan tadi.

Dosen Epidemiologi dari Unima ini menerangkan, di Sulut sendiri penyebaran terkonsentrasi pada wilayah yang berdekatan dengan Kota Manado seperti Tomohon, Minut, Bitung, Minahasa dan Minsel.

"Jadi apabila melihat dari segi wilayah memang agak sulit untuk dikatakan bahwa varian tersebut berasal dari kluster-kluster yang ada di sekitar Manado, besar kemungkinan memang berasal dari luar sulut," beber Manoppo.

Oleh karena itu, dirinya mengimbau sebaiknya memang perlu juga memperketat Prokes di Daerah Perbatasan tersebut.

"Walaupun sudah terlambat tapi tetap penting untuk memastikan keamanan masyarakat Bolmut, dan diusahakan agar tidak merambat ke daerah sekitar dengan menerapkan PPKM mikro," pungkas Manoppo. (Mjr)

Tentang Bolmut

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved