Breaking News:

Berita Bitung

Satu Kru Kapal di Pelabuhan Bitung Terdeteksi Positif Covid-19

Pengetatan dilakukan dalam bentuk pemeriksaan sweb antigen hingga Sweb PCR, yang dilaksanakan oleh rumah sakit TNI AL (Rumkital).

Penulis: Christian_Wayongkere | Editor: Rizali Posumah
tribunmanado.co.id/Christian Wayongkere
Foto pengetatan yang dilakukan instansi gabungan terhadap penumpang kapal Pelni. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Petugas gabungan kembali melakukan pengetatan kepada penumpang Kapal Pelni KM Dorolonda, saat tiba di dermaga pelabuhan Semudera Bitung Kamis (8/7/2021) malam.

Jumlah penumpang yang turun dari KM Dorolomda 158 orang, dari pelabuhan Ternate Provinsi Maluku Utara (Malut).

Pengetatan dilakukan dalam bentuk pemeriksaan sweb antigen hingga Sweb PCR, yang dilaksanakan oleh rumah sakit TNI AL (Rumkital) dr Wahyu Slamet Bitung, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bitung, Dinas Kesehatan Bitung.

Dengan pengawalan ketat, Polres Bitung, Polsek Kawasan Pelabuhan Samudera (KPS) Bitung, PT Pelni, PT Pelindo IV Persero Cabang Bitung serta Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Bitung, hingga Kamis tengah malam.

Foto pengetatan yang dilakukan instansi gabungan terhadap penumpang kapal Pelni
Foto pengetatan yang dilakukan instansi gabungan terhadap penumpang kapal Pelni (tribunmanado.co.id/Christian Wayongkere)

"Hasil pengetatan ada 16 orang terditeksi positif Covid 19 dan sudah menjalani isolasi di rumah singgah pemerintah Kota Bitung. Lalu hari ini sudah dilakukan sweb PCR ke crew KM Dorolonda hasilnya masih kami tunggu laporan," kata Stanislaus Wetik Kepala KSOP Bitung Jumat (9/7/2021).

Stanislaus Wetik menjelaskan, mekanisme pengetatan berupa pemeriksaan kepada penumpang, saat mereka turun di lakukan sweb antigen jika hasilnya positif dilanjutkan dengan pemeriksaan sweb PCR

Pihak KSOP Bitung menghimbau kepada masyarakat, di tengah pandemi Covid 19 agar menunda pergerakan apalagi keberangkatan lintas daerah apalagi saat ini tengah berlangsung pengetatan dan di beberapa daerah sudah ditetapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) skala Mikro.

Tetap menerapkan protokol kesehatan 5M. "Kalau tidak keperluan atau kepentingan urgen, tidak usah berangkat. Kalau harus berangkat penuhi dokumen dan syarat-syarat yang sudah ditetapkan sebelum proses keberangakatan agar tidak bermasalah," tandasnya.

Terpisah kepala kantor kesehatan pelabuhan (KKP) Bitung dr Pingkan Pijoh menambahkan, dari 16 penumpang yang terdeteksi positif Covid 19 harus dilanjutkan ke pemeriksaan sweb PCR.

Sedangkan satu ABK sudah terdeteksi positif Covid 19, karena saat di periksa memiliki gejala deman dan ada penyakit penyerta.

Halaman
123
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved