Breaking News:

Berita Bolmong

Gunakan Peta Gempa, Bendungan Lolak Sudah Kantongi Rekomendasi dari Komisi Keamanan Bendungan

Proyek bendungan Lolak, semula menggunakan peta gempa tahun 2004 yang kemudian diperbarui menggunakan peta gempa tahun 2010.

Penulis: Nielton Durado | Editor: Rizali Posumah
Dokumentasi PT PP
Proyek Bendungan Lolak yang sedang dikerjakan oleh PT PP. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado -- Pembangunan Bendungan Lolak yang ada di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), Sulawesi Utara (Sulut) ditargetkan selesai pada Desember 2021 nanti. 

Pekerjaan bendungan ini dikerjakan oleh PT Pembangunan Perumahan (PP) (Persero) Tbk Paket.

Menurut Site Operation Manajer PT PP Proyek Bendungan Lolak Carto Andriyanto, proyek bendungan Lolak, semula menggunakan peta gempa tahun 2004 yang kemudian diperbarui menggunakan peta gempa tahun 2010.

Perubahan itu mempengaruhi pada lereng untuk sebagai timbunan dengan kemiringan lereng hulu 1:2,5 ditambah berm pada elevasi 110 dan kemiringan lereng hilir 1:2.25 ada penambahan berm pada elevasi 95.

“Jadi pelaksanaan proyek bendungan Lolak telah mendapat rekomendasi dari Komisi Keamanan Bendungan,” ungkap Carto saat dihubungi Tribun Manado, Minggu (11/7/2021). 

Carto menjelaskan, Bendungan ini memiliki luas area genangan 97,46 hektar dengan kapasitas tampung mencapai 16,1 juta meter kubik.

Saat beroperasi akan memasok air irigasi seluas 2.214 hektar, mendukung penyediaan air baku 500 liter/detik, pariwisata, konservasi air dan memiliki potensi tenaga listrik 2,43 megawatt.

Dibangunnya Bendungan ini, karena memiliki banyak manfaat. 

Salah satunya pemenuhan kontinuitas suplai air irigasi.

"Terutama pada musim kemarau yang selalu kekeringan dan penyediaan kebutuhan air bersih bagi masyarakat,” kata dia.

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved