Breaking News:

Penanganan Covid

Breaking News: Bolmut Bertambah 18 Kasus Positif Covid-19

Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), Sulut, akhirnya ketambahan 18 pasien terkonfirmasi positif covid-19.

Penulis: Majer Lumantow | Editor: Chintya Rantung
Dinkes Bolmut
Peta Sebaran Covid-19 di Enam Kecamatan, Kabupaten Bolmut, Sulut. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Sempat tidak terjadi penambahan kasus positif covid-19 beberapa waktu, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), Sulut, akhirnya ketambahan 18 pasien terkonfirmasi positif covid-19.

Dari 18 pasien terkonfirmasi positif covid tersebut, terbanyak berada di Kecamatan Bolangitang Timur, dengan total terdapat 15 kasus, diikuti Kecamatan Bintauna 2 kasus, dan Bolangitang Barat 1 kasus.

Saat dikonfirmasi, Kepala Dinas Kesehatan Bolmut melalui Kepala Seksi Surveilens Fitria Stion mengatakan bahwa pasien terkonfirmasi positif tersebut adalah yang ke 136, sampai ke 153 dari akumulasi total kasus positif di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara.

"Jadi dari hasil Tracing dan Tracking Tim Satgas Covid-19 Bolmut, ada 18 orang terkonfirmasi positif covid, dengan rincian 9 kasus merupakan kasus kontak erat dari pasien meninggal yang terkonfirmasi Covid-19, kemudian 4 Kasus merupakan pelaku perjalanan dari Luar Pulau Sulawesi yang notabene merupakan Daerah Zona Merah yang sementara mengalami lonjakan kasus yang sangat besar," papar Fitria kepada Tribunmamado.co.id, Minggu (11/7/2021).

Sedangkan, lanjut Fitria, ada 5 orang kasus positif merupakan kontak erat dari pelaku perjalanan luar pulau Sulawesi.

Terkait 18 kasus positif tersebut, apakah ada indikasi terpapar varian Delta, Fitria menyebut masih belum bisa diketahui.

"Soal apakah terpapar varian Delta kami masih menunggu perkembangan epidemiologi terbaru, sampai hari ini kami masih lalukan tracing lagi karena masih terdapat 47 kontak erat akumulasi pasien positif," ungkap Fitria.

Ditambahkannya, untuk saat ini dari 18 Kasus tersebut, satu orang diantaranya sedang di rawat di RSUD Kabupaten Bolmut dan 17 orang sedang melaksanakan isolasi mandiri.

"Kami mengimbau masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan ketat sehingga terhindar dari penularan covid-19," tutup Fitria.

Diketahui, sampai saat ini dari peta sebaran kasus covid-19 di Kabupaten Bolmut, Kecamatan Kaidipang menyumbang kasus covid terbanyak yakni 44 kasus, diikuti Kecamatan Bolangitang Timur 37 kasus, Kecamatan Bolangitang Barat 33 kasus, Kecamatan Bintauna 28 kasus, dan Kecamatan Sangkub 11 kasus, serta 2 kasus di Kecamatan Pinogaluman.

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved