Breaking News:

Berita Bolmut

Bupati Bolmut Ajak OPD Manfaatkan Aplikasi Sistem Integrasi Data Daerah

"Tujuannya adalah untuk mengoptimalkan perencanaan pembangunan daerah dengan melibatkan seluruh stakeholder dalam pembangunan," jelas Depri Pontoh.

Penulis: Majer Lumantow | Editor: Rizali Posumah
tribunmanado.co.id/Mejer Lumantow
Bupati Depri Pontoh ajak seluruh OPD manfaatkan aplikasi Sistem Integrasi Data Daerah sebagai media sosialisasi program pemerintah kepada masyarakat di Kabupaten Bolmut. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Bupati Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Depri Pontoh mengajak seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk memanfaatkan aplikasi Sistem Integrasi Data Daerah sebagai media sosialisasi program pemerintah kepada masyarakat di Kabupaten Bolmut.

"Tujuannya adalah untuk mengoptimalkan perencanaan pembangunan daerah dengan melibatkan seluruh stakeholder dalam pembangunan," jelas Bupati Depri Pontoh, Jumat (9/7/2021).

Dijelaskan Bupati, bahwa sistem integrasi data daerah berbasisi teknologi informasi ini, tidak lepas dari amanat undang undang 23 tahun 2014 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional. 

Bupati menerangkan, hal ini dipertegas dalam instruksi presiden nomor 3 tahun 2003 di mana Pengembangan E-Goverment merupakan upaya untuk mengembangkan penyelenggaraan kepemerintahan yang berbasisi elektronik dalam rangka efektif dan efisen. 

"Melalui pengembangan e-goverment ini dilakukan penataan sistem manajemen dan proses kerja di lingkungan pemerintah dengan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi informasi," papar Bupati. 

Dirinya menyebut, dalam penataan sistem tersebut meliputi 2 hal penting, Pertama, Pengelolaan data, penyampaian informasi dan proses kerja secara elektronik.

Kedua, Pemanfaatan kemajuan teknologi informasi agar pelayanan publik dapat diakses secara mudah dan murah oleh masyrakat.

"Oleh karena itu, sistem intergasi data daerah ini adalah aplikasi yang bertujuan untuk menjadikan simpul jaringan informasi geospasial di kabupaten Bolmut yang realtime, terintegrasi dana berbagai pakai antar perangkat daerah dan masyarakat," jelas Bupati.

Menurutnya, sistem informasi data daerah ini dapat digunakan menjadi kerjasama masif dan terstruktur dari tingkat desa/kelurahan, kecamatan sampai pada tingkat instasi perangkat daerah.

"Dengan begitu memberikan banyak kemudahan dalam mengakses informasi data daerah yang dapar di unduh secara gratis dan terintegrasi serta terkoneksi dengan berbagai pihak atau stakeholder," terang Bupati.

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved