Breaking News:

Masyarakat Talaud Bisa Urus SIM di Mapolres Sitaro

Masyarakat yang hendak mengurus penerbitan SIM cukup datang ke Mapolres Kepulauan Sitaro dengan membawa Foto Copy KTP

Penulis: Octavian Hermanses | Editor: Charles Komaling
tribunmanado.co.id/Octavian Hermanses
Pelayanan pembuatan SIM yang dilaksanakan Polres Kepulauan Sitaro 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Masyarakat Sitaro bisa mengurus Surat Izin Mengemudi (SIM) langsung di Polres Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro).

Kegiatan ini melibatkan sejumlah petugas dari Direktorat Lalu Lintas Polda Sulawesi Utara, pihak Polres Kepulauan Sitaro membuka layanan pengurusan SIM A dan SIM C.

Masyarakat yang hendak mengurus penerbitan SIM cukup datang ke Mapolres Kepulauan Sitaro dengan membawa Foto Copy KTP dan mendaftarkan diri melalui petugas yang ada.

Setelah proses pendaftaran, satu per satu diarahkan memasuki salah satu ruangan Mapolres Kepulauan Sitaro untuk melakukan pengisian data termasuk pemotretan. Dalam hitungan menit, masyarakat sudah bisa mengantongi SIM tanpa melalui serangkaian pengujian selayaknya dalam pengurusan SIM pada umumnya.

Kapolres Kepulauan Sitaro AKBP Hansjen Ratag mengatakan, pelayanan pembuatan SIM yang rencananya akan berlangsung selama beberapa hari ke
depan ini merupakan upaya kepolisian dalam mempermudah penerbitan SIM bagi masyarakat.

"Kalau mau diikutin semuanya, mereka (masyarakat) harus ikut tes. Kita permudah aja dalam pelayanan SIM di masyarakat di daerah kepulauan. Kalau kita mau ikut ketentuan, ini harus tes semuanya," ujar Ratag, Kamis (8/7/2021).

Menurut Ratag, dari serangkaian operasi lalu lintas yang dilakukan pihak Polres Kepulauan Sitaro ditemukan banyaknya pengendara kendaraan bermotor yang belum mengantongi SIM.

"Keluhan di sini (Sitaro) kan bilang, saat bawa kendaraan tidak ada SIM. Ya, kita berpikir juga bagaimana agar ada pelayanan pembuatan SIM. Makanya kita usahakan ada pembuatan SIM," ujar kapolres.

Dengan begitu, mereka mengaku tidak perlu melakukan pengurusan SIM di luar wilayah, seperti Tahuna atau Manado.

"Memang agak tinggi biayanya, tapi jika dihitung-hitung, sama saja. Kalau ke Tahuna atau Manado harus mengeluarkan biaya ekstra untuk tiket kapal dan sebagainya. Makanya kita merasa terbantu dengan adanya pelayanan pembuatan SIM ini," ungkap Vernando Karel, salah satu ASN yang melakukan pengurusan SIM.

Pantauan wartawan di lokasi pelaksanaan, petugas nampak menerapkan protokol kesehatan secara ketat, khususnya terkait penggunaan masker dan jarak. Bahkan Kapolres Kepulauan Sitaro AKBP Hansjen Ratag bersama Kasat Lantas AKP R G Putra turun langsung mengatur penerapan prokes dalam pelayanan pembuatan SIM tersebut. (*)

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved