Breaking News:

Berita Sitaro

Sejumlah ASN Pemkab Sitaro Diduga Positif Covid-19 Hasil Pemeriksaan Rapid Antigen

Pemeriksaan Rapid Antigen akan berlangsung selama tiga hari kedepan dengan menyasar selurun ASN di lingkungan Pemkab Sitaro.

Penulis: Octavian Hermanses | Editor: Rizali Posumah
tribunmanado.co.id/Octavian Hermanses
Proses pemeriksaan Antigen bagi para ASN di lingkungan Pemkab Sitaro 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Jumlah kasus positif Corona Virus Disease 2019 atau Covid-19 di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) terus bertambah.

Beragam langkah langsung diambil pemerintah daerah melalui Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Sitaro, termasuk menggelar pemeriksaan Rapid Antigen massal bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Sitaro, Selasa (6/7/2021).

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Sitaro Semuel Raule, pemeriksaan Rapid Antigen akan berlangsung selama tiga hari kedepan dengan menyasar selurun ASN di lingkungan Pemkab Sitaro hingga ke lingkup pemerintah Kecamatan dan Kelurahan.

"Bagian dari tugas Satgas Covid-19 adalah bagaimana memutus rantai penularan Covid-19. Maka pada hari ini kita melakukan pemeriksaan rapid antigen yang akan dilaksanakan tiga hari kedepan," kata Raule.

Rencananya, lanjut Raule, Rapid Antigen ini akan dilakukan secara acak terhadap sejumlah pegawai.

Proses pemeriksaan Antigen bagi para ASN di lingkungan Pemkab Sitaro
Proses pemeriksaan Antigen bagi para ASN di lingkungan Pemkab Sitaro (tribunmanado.co.id/Octavian Hermanses)

Namun demikian, sejak awal proses pemeriksaan yang berlangsung sejak pagi tadi, telah didapati beberapa ASN yang positif Covid-19 hasil Rapid Antigen.

"Sebetulnya kita hanya akan mengambil beberapa sampel. Cuma waktu mulai dengan beberapa orang ternyata sudah ada yang positif, maka kita lakukan keseluruhan supaya lebih akurat," ungkap Raule.

Bagi mereka yang dinyatakan positif Covid-19 hasil Rapid Antigen, Raule bilang diwajibkan menjalani isolasi mandiri selama 10 hari kedepan sebagaimana juknis yang berlaku.

Tapi kalau ada kontak erat dengan yang positif lantas hasil pemeriksaannya negatif, tetap isolasi lima hari.

Hari kelima kita lakulan exit test namanya, dan jika hasilnya negatif, berarti tidak masalah," terang Raule.

Halaman
123
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved