Breaking News:

Berita Sitaro

KPU Sitaro Tetapkan Jumlah Data Pemilih Berkelanjutan Per Bulan Juni 2021

KPU Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) melakukan pemutakhiran data pemilih secara berkelanjutan.

Penulis: Octavian Hermanses | Editor: Chintya Rantung
Dokumentasi KPU Sitaro
Penyerahan berita acara PDPB periode Juni 2021 oleh Ketua KPU kepada pihak Bawaslu Sitaro 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) melakukan pemutakhiran data pemilih secara berkelanjutan.

Langkah ini diambil untuk memelihara data pemilih secara berkelanjutan dengan memperhatikan data kependudukan sesuai dengan ketentuan peraturan perundangan yang berlaku.

Ketua KPU Sitaro Stevanus Kaaro mengatakan, pemutakhiran daftar pemilih berkelanjutan ini dilakukan sebagaimana amanat Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017 pasal 20 huruf (l).

Dimana KPU Kabupaten/kota berkewajiban untuk melakukan pemutahiran dan memelihara data pemilih secara berkelanjutan.

"Tentu ini dilaksanakan dengan memperhatikan data kependudukan sesuai dengan ketentuan peraturan perundangan-undangan yang pelaksanaannya secara teknis diatur dalam Surat Ketua KPU RI No. 366 tahun 2021 tentang perubahan Surat Ketua KPU RI no. 132/PL.02-SD/01/KPU/II/2021 perihal Pemuktahiran Data Pemilih Berkelanjutan Tahun 2021," kata Kaaro, Selasa (6/7/2021).

Sementara itu, Ketua Divisi Data dan Informasi KPU Sitaro, Arther Tamaka menjelaskan, dari hasil pemutakhiran data berkelanjutan yang dilakukan, KPU Sitaro menetapkan jumlah pemilih di Kabupaten Sitaro per bulan Juni tahun 2021 sebanyak 53.010 pemilih.

Jumlah itu terdiri dari 26.342 pemilih laki-laki, dan 26.668 pemilih perempuan yang tersebar di 10 kecamatan dan 93 desa/kelurahan.

"Jumlah data pemilih bulan Mei 52.803 ditambah dengan pemilih baru sebanyak 360, dikurang dengan pemilih TMS 153 yang terdiri dari pemilih meninggal dunia sebanyak 67 dan pindah keluar Sitaro sebanyak 86, sehingga menghasilkan jumlah 53.010 yang ditetapkan sebagai rekap data pemilih bulan Juni.

Dengan kata lain, ada penambahan pemilih untuk bulan Juni sebanyak 207 pemilih," urainya.

Dalam proses PDPB periode Juni 2021, Tamaka menyebut hal itu didasarkan pada data yang dikoordinasikan dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) terkait dengan data penduduk yang akan berusia 17 tahun pada bulan Juni 2021, data penduduk meninggal dunia serta data penduduk pindah masuk dan keluar di Kabupaten Sitaro.

"Dalam pelaksanaan pemutakhiran ini, KPU Sitaro juga berkoordinasi dengan pihak Lapas Kelas IIB Ulu Siau terkait dengan data warga binaan yang akan bebas selang bulan Juni 2021, begitu juga koordinasi dengan pihak sekolah terkait data siswa/i SMA/SMK yang berusia 17 tahun pada Juni 2021 serta menerima data dari pemerintah kampung/kelurahan yang selanjutnya data-data ini dicermati oleh KPU," terangnya.

Rakor PDPB yang dilangsungkan di kantor KPU Sitaro itu melibatkan unsur Bawaslu Sitaro, Dinas Dukcapil Sitaro serta Polres Kepulauan Sitaro. (HER)

Baca juga: 10 Instansi Pemerintah yang Masih Sepi Pendaftaran CPNS 2021, Minahasa Baru 4 Pendaftar

Baca juga: Ternyata Ini Motif Pelaku Penganiayaan hingga Tewaskan Satu Warga Kairagi Manado

Baca juga: Hari Pertama Vaksinasi, Dinkes Kotamabagu Sukes Beri Vaksin ke 80 Siswa

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved