Breaking News:

Tujuh Desa di Motoling Barat Langsung Bangun Posko Pengawasan PPKM Mikro

Posko PPKM Desa Tondei, contohnya. Di desa ini, Posko PPKM Mikro sudah dibangun sejak bulan Juni lalu.

Penulis: Rul Mantik | Editor: Charles Komaling
tribunmanado.co.id/Rul Mantik
Posko PPKM di Desa Tondei Dua, Kecamatan Motoling Barat yang telah dibangun sejak awal Tahun 2021. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Tujuh desa di Kecamatan Motoling Barat membangun Posko Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKB).

Hal ini dilakukan sebagai tindak lanjut Surat Edaran Bupati Minahasa Selatan (Minsel), Franky Donny Wongkar, tentang pengendalian penyebaran Covid-19,  oleh seluruh camat.

Tujuh desa se-Kecamatan Motoling Barat yang sudah membangun dan mengoperasikan Posko PPKM diantaranya, Desa Tondei, Tondei Satu, Tondei Dua, Raanan Baru Satu, Raanan Baru dan Toyopon.

Posko PPKM Desa Tondei, contohnya. Di desa ini, Posko PPKM Mikro sudah dibangun sejak bulan Juni lalu.

"Kami membangun Posko ini sejak bulan lalu. Pembentukan dan pendirian Posko dimulai sejak Camat memberitahukan soal Surat Edaran Bupati Minsel tentang pengendalian pandemi Covid-19," aku John Kawengian, Hukum Tua Desa Tondei, Senin (5/7/2021).

Posko ini, kata dia, dijaga oleh tim yang terdiri dari perangkat desa serta organisasi yang berkegiatan di desa.

"Ada petugas yang telah saya tugaskan untuk berjaga-jaga di Posko. Mereka adalah perangkat desa dan masyarakat yang tergabung dalam organisasi kemasyarakatan," ungkap John.

Sherly Pondaag, salah satu petugas Posko PPKM mengatakan, tiap hari mereka melakukan penjagaan di Posko PPKM Mikro.

"Kami mendapat tugas dari Kumtua untuk berjaga-jaga di Posko ini," kata Sherly.

Di Posko PPKM, jelas Sherly, mereka bertugas mengontrol dan memantau kegiatan masyarakat.

"Jadi, tugas kami mengontrol kegiatan masyarakat. Jika ada kegiatan masyarakat yang berpotensi menjadi klaster penyebaran Covid-19, kami pasti turun tangan," jelasnya.

Sementara itu, Camat Motoling Barat, Ruddy Liow, mengatakan, 7 desa di Kecamatan Motoling Barat sudah membangun Posko PPKM Mikro.

"Sudah tujuh desa yang membentuk serta membangun Posko PPKM Mikro. Pembentukan dan pembangunan posko dimulai bulan Juni lalu setelah ada Surat Edaran Bupati," ujar Ruddy.

Posko-posko ini, kata dia, terkoordinasi dengan Pemerintah Kecamatan Motoling Barat.  "Koordinasi antar Posko PPKM dan Posko dari kecamatan terus jalan setiap hari. Sebab, setiap kegiatan yang dilaksanakan di semua posko di tingkat desa harus melaporkannya ke kecamatan," pungkas Ruddy. (*)

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved