Breaking News:

Berita Talaud

Laksanakan Program Vaksinasi Massal ke Anak-anak, Lanal Melonguane Kerahkan Beberapa Personel

Senin tanggal 5 Juli 2021 merupakan hari keempat bagi prajurit Lanal Melonguane melaksanakan serbuan vaksinasi.

Penulis: Ivent Mamentiwalo | Editor: Rizali Posumah
Lanal Melonguane
Prajurit Lanal Melonguane melaksanakan serbuan vaksinasi di Kabupaten Kepulauan Talaud. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Prajurit TNI Angkatan Laut di wilayah perbatasan utara NKRI dalam beberapa hari terakhir secara intensif dan masif mendukung dan melaksanakan kegiatan vaksinasi, baik yang dilaksanakan secara sinergi bersama-sama dengan instansi lain maupun secara mandiri di Mako Lanal Melonguane, Kabupaten Talaud

Hal ini dalam rangka mendukung program pemerintah untuk melaksanakan program vaksinasi massal kepada masyarakat serta dalam rangka melaksanakan perintah Pimpinan TNI dan TNI Angkatan Laut agar seluruh kesatuan TNI/TNI Angkatan Laut di seluruh Indonesia turut berperan aktif dalam program vaksinasi massal.

Senin tanggal 5 Juli 2021 merupakan hari keempat bagi prajurit Lanal Melonguane melaksanakan serbuan vaksinasi.

Guna mendukung peluncuran vaksinasi untuk anak-anak usia 12-17 tahun di wilayah Kabupaten Kepulauan Talaud, Letkol Marinir Adi Sucipto,S.T., M.Tr.Hanla selaku Komandan Lanal Melonguane memerintahkan Letda Laut (K) dr. Fahmi Henggar Prasetyo bersama beberapa prajurit Lanal (termasuk dari Korps Kesehatan) dengan dilengkapi peralatan kesehatan Balai Pengobatan Lanal Melonguane untuk membantu Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan melaksanakan vaksinasi di SMK Negeri 1 Melonguane.

Prajurit Lanal Melonguane melaksanakan serbuan vaksinasi di Kabupaten Kepulauan Talaud.
Prajurit Lanal Melonguane melaksanakan serbuan vaksinasi di Kabupaten Kepulauan Talaud. (Lanal Melonguane)

“Kondisi keterbatasan tenaga kesehatan di daerah perbatasan ini, konstelasi wilayah yang berupa daerah kepulauan yang menjadikan penyebaran penduduk cukup berjauhan, jarak tempuh yang cukup jauh dan terkadang melintasi lautan yang luas serta sarana transportasi yang terbatas, sesungguhnya menjadikan suatu keharusan bagi instansi-instansi di daerah untuk bersinergi dan bahu-membahu dalam melaksanakan suatu program kegiatan yang saling terkait, termasuk program vaksinasi ini” ujar Danlanal Melonguane.

Danlanal mengatakan, meski Lanal Melonguane memiliki kemampuan yang terbatas, baik dari sisi jumlah dokter, tenaga kesehatan maupun peralatan pendukung, namun selaku prajurit TNI AL di daerah perbatasan mereka akan berupaya membantu secara optimal apabila diperlukan.

"Sebagaimana yang kami lakukan hari ini, ini adalah bentuk bantuan dan dukungan kami kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Talaud dalam melaksanakan peluncuran vaksinasi kepada anak-anak usia 12-17 tahun. Karena kegiatan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat dan juga bagi masa depan generasi penerus bangsa, kami prajurit matra laut di perbatasan dukung secara optimal serbuan vaksinasi ini”, tambah pria yang sudah mengarungi hampir 1.400 Nm (2.592 km) lautan di bibir samudera pasifik dengan menggunakan searider ini.

Selain memberikan bantuan untuk program vaksinasi yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan ataupun Puskesmas-Puskesmas yang ada di daerah, Lanal Melonguane juga sudah melaksanakan program vaksinasi bagi masyarakat.

"Seperti pada hari Sabtu kemarin dan juga hari Selasa tanggal 5 Juli 2021 besok, bertempat di Lapangan tembak Mako Lanal Melonguane," terangnya.

"Alhamdulillah, animo masyarakat untuk mengikuti vaksinasi sangat tinggi, bahkan di luar perkiraan kami. Walau pun dengan tenaga kesehatan yang sangat terbatas, Alhamdulillah kami bisa melayani masyarakat yang datang dengan baik, kegiatan berjalan aman dan lancar, dan tentunya kami sudah berupaya secara optimal dengan segala kemampuan yang ada," jelasnya lagi.

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved