Breaking News:

Berita Bolmong

Pemkab Bolmong Yakin Tapal Batas Bolmong-Bolsel Diselesaikan Berdasarkan Putusan MA

Penyelesaian tapal batas antara Kabupaten Bolmong Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) hingga saat ini terus diselesaikan.

Penulis: Nielton Durado | Editor: Chintya Rantung
nielton durado/tribun manado
Rapat Pemkab Bolmong bersama Kemendagri via Virtual. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Penyelesaian tapal batas antara Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) dan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) hingga saat ini terus diselesaikan.

Bahkan seiring dengan dikeluarkannya putusan Mahkamah Agung (MA) terkait judicial review yang diajukan Pemkab Bolmong beberapa waktu lalu.

Pemkab Bolmong beroptimis bahwa sebagian wilayah yang saat ini diklaim masuk Kabupaten Bolsel akan kembali ke Kabupaten Bolmong.

Menurut Asisten I Pemkab Bolmong Deker Rompas, penyelesaian tapal batas wilayah masih tetap berpegang pada hasil putusan MA.

Hal itu dikatakan Deker usai mengikuti video konfrensi bersama Direktur Toponimi dan Batas Daerah Sugiarto, Jumat (2/7/2021).

“Soal tapal batas Kabupaten Bolmong dan Kabupaten Bolsel, kami tetap berpegang pada putusan MA Nomor 75 P/HUM/2018,” kata dia.

Deker menilai, judicial review yang diajukan Pemkab Bolmong, sebagai langkah hukum yang sudah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang undangan yang berlaku.

Deker menjelaskan, perselisihan batas itu bergulir setelah Pemkab Bolmong terlibat perselisihan batas daerah dengan Kabupaten Bolsel yang kemudian difasilitasi oleh Gubernur Provinsi Sulawesi Utara.

Namun dalam setiap pertemuan, Kabupaten Bolsel tetap tidak mengakui batas daerah tersebut.

Meskipun masyarakat setempat tetap mengakui batas daerah yang telah disepakati melalui proses adat.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved