Breaking News:

Berita Bolmong

DLH Bolmong Ambil Sampel DAS Potolo 

Sungai Pusian desa Tapa’Aog menjadi salah satu titik pengambilan sampel mengingat sungai tersebut tergabung dengan Daerah Aliran Sungai (DAS) Potolo.

Penulis: Nielton Durado | Editor: Rizali Posumah
DLH Bolmong.
Petugas DLH Bolmong saat mengambil sampel di DAS Potolo belum lama ini. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado -- Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), melakukan pemantauan kualitas lingkungan.

Pemantauan tersebut dilakukan dengan cara melakukan pengambilan sampel terhadap kualitas air di Dua titik sungai yang ada di Kecamatan Lolayan.

Dua sungai tersebut yakni sungai desa Bakan dan sungai Pusian yang ada di desa Tapa’Aog. 

Sungai Pusian desa Tapa’Aog menjadi salah satu titik pengambilan sampel mengingat sungai tersebut tergabung dengan Daerah Aliran Sungai (DAS) Potolo.

Dimana saat ini di lokasi Potolo terdapat kegiatan ilegal mining yang menggunakan bahan kimia berbahaya jenis Sianida (CN).

Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian Pencemaran Kerusakan Lingkungan Hidup, Pengelolaan Sampah, Limba Bahan Beracun dan Berbahaya (LB3) DLH Bolmong Deysi Makalalag kepada awak media mengatakan, pemantauan kualitas lingkungan merupakan program kerja DLH Bolmong.

“Untuk tahun ini ada beberapa titik pengambilan sampling pemantauan kualitas lingkungan, salah satunya di sungai yang ada di desa TapaAog,” kata ketika dihubungi Tribun Manado, Jumat (25/6/2021). 

Ia menambahkan, pengambilan sampel dilakukan setiap Tiga bulan dan hasilnya akan di kirim ke Labaoratorium.

”Hasil sampling air sungai akan dibawa di laboratorium Water Laboratory Nusantara (WLN) di Manado. Laboratorium WLN sudah terakreditasi oleh KAN.” Jelasnya. 

Ia menambahkan sampai saat ini pihaknya masih menunggu hasil dari sampel tersebut. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved