Breaking News:

Berita Sitaro

Penanganan Sampah di Sitaro Terkendala Armada Pengangkut

Persoalan sampah di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) belakangan ini menjadi sorotan publik.

Penulis: Octavian Hermanses | Editor: Rizali Posumah
Vian Hermanses/Tribun Manado
Tumpukan sampah yang sering dijumpai di Kabupaten Sitaro. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, ManadoPersoalan sampah di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) belakangan ini menjadi sorotan publik.

Hal itu mencuat ke permukaan menyusul postingan Wakil Ketua DPRD Sitaro Bob Nover Janis (BNJ) di media sosial yang memperlihatkan tumpukan sampah di beberapa tempat umum seperti pasar dan area pertokoan.

Dalam postingan tersebut, BNJ menyoroti kinerja OPD teknis dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Kabupaten Sitaro.

"Kinerja Dinas Lingkungan Hidup sangat parah. Sampah sampai seminggu tidak diangkat pakai truck sampah. Terlebih Plt Kadis Lingkungan Hidup sebagai pimpinan dinas," tulis BNJ dalam postingannya.

Menurutnya, penumpukan sampah seperti itu bukan kali pertama dijumpai selang 2021 ini. Ia pun membandingkan kinerja pejabat lama dengan Plt Kadis Lingkungan Hidup Rebert Kahiking yang dinilainya jauh lebih baik pejabat lama.

Tumpukan sampah yang sering dijumpai di Kabupaten Sitaro.
Tumpukan sampah yang sering dijumpai di Kabupaten Sitaro. (tribunmanado.co.id/Octavian Hermanses)

"Padahal truck sampah, Bahan Bakar Minyak dan tenaga kerja sudah dianggarkan di APBD yang dibahas bersama DPRD," ujarnya. 

Ia mengatakan, keberadaan sampah sangat berdampak terhadap kesehatan manusia.

Selain merusak keindahan, bau busuk dari tumpukan sampah berpotensi menimbulkan penyakit.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Lingkungan Hidup Robert Kahiking ketika dimintai penjelasannya mengakui adanya keterlambatan penanganan sampah di beberapa titik di Kota Ulu.

Ia mengaku, keterbatasan armada atau mobil pengangkut sampah menjadi kendala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan dalam menangani penumpukan sampah.

Halaman
123
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved