Breaking News:

Berita Bolmut

Bupati Bolmut Tekankan Pentingnya Pembinaan Remaja Melalui Program Genre  

Angka pernikahan anak di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) terbilang cukup tinggi. 

Penulis: Majer Lumantow | Editor: David_Kusuma
Tribun Manado / Mejer Lumantow
Bupati Bolmut Tekankan Pentingnya Pembinaan Remaja Melalui Program Genre   

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Angka pernikahan anak di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) terbilang cukup tinggi. 

Dari data yang ada angka pernikahan anak dibawah umur hingga tahun 2020 mencapai 173 orang.

Sebelumnya tahun 2019 ada 40 orang, bertambah 133 orang di tahun 2020. 

Melihat hal tersebut, Bupati Bolmut Depri Pontoh menyampaikan bahwa pembinaan remaja saat ini sangat penting karena memiliki peran strategis pertama. 

Baca juga: Tak Mau Divaksin Covid-19, Ribuan ASN Pemkot Manado Siap-siap Tak Terima TPP

"Karena remaja merupakan individu calon penduduk usia produktif yang pada saatnya kelak akan menjadi pelaku pembangunan sehingga harus disiapkan agar menjadi sumber daya manusia yang berkualitas," jelas Bupati, Kamis (17/6/2021). 

Kedua, lanjut Bupati, remaja merupakan individu calon orang tua bagi anak yang memiliki perncanaan dan kesiapan berkeluarga sehingga terhindar dari perkawinan anak dan nantinya akan melahirkan anak stunting.

Kesiapan keluarga merupakan kunci terbangunnya ketahanan keluarga dan keluarga berkualitas dengan demikian apa bila gagal membina remaja bukan hanya menjadi ancaman kegagalan pembangunan tetapi ancaman kegagalan generasi berikutnya.

"Di mana dilihat dari data angka pernikahan anak di kabupaten bolmut tahun 2019 terdapat 44 kasus dan tahun 2020 naik menjadi 173 kasus sehingga pembinan remaja menjadi prioritas utama," sebut Bupati.

Untuk itu, Bupati Depri Pontoh mengatakan Program Genre (Generasi Berencana) adalah jawaban ancaman kegagalan generasi berikutnya, program genre bertujuan untuk menyiapkan kehidupan berkeluarga bagi remaja melalui pemahaman tentang pendewasaan usia Pernikahan.

"Sehingga hal ini mereka mampu melangsungkan jenjang pendidikan secara terencana, berkarir dalam pekerjaan secara terencana, serta menikah dengan penuh perncanaan sesuai siklus kesehatab Repoduktif," papar Depri.

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved