Breaking News:

Berita Minsel

Bupati Minahasa Selatan Franky Wongkar Usul Pembukaan Jalur Laut Amurang - Balikpapan

Saat bertemu dengan Menteri Perhubungan, pak Sumadi, kemarin, saya mengusulkan pembukaan lintasan penyeberangan antar Provinsi," ungkap Wongkar.

Penulis: Rul Mantik | Editor: Rizali Posumah
Istimewa.
Franky Donny Wongkar mengusulkan pembukaan jalur laut dari Pelabuhan Amurang ke Pelabuhan Balikpapan Kalimantan dan ke Pelabuhan Melonguane Kabulaten Talaud. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Aktivitas Pelabuhan Amurang, bakal kembali ramai.

Itu setelah Bupati Minahasa Selatan (Minsel), Franky Donny Wongkar mengusulkan pembukaan jalur laut dari Pelabuhan Amurang ke Pelabuhan Balikpapan Kalimantan dan ke Pelabuhan Melonguane Kabulaten Talaud.

Proposal pembukaan jalur laut ini disampaikan langsung oleh Franky Wongkar kepada Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Budi Karya Sumadi.

"Saat bertemu dengan Menteri Perhubungan, pak Sumadi, kemarin, saya mengusulkan pembukaan lintasan penyeberangan antar Provinsi dari dermaga Amurang ke Balikpapan," ungkap Franky Wongkar, saat dihubungi, Rabu (16/6/2021).

Pembukaan jalur transportasi laut ini akan memberikan dampak positif untuk memasarkan hasil bumi nelayan dan petani Kabupaten Minsel.

Franky Donny Wongkar mengusulkan pembukaan jalur laut dari Pelabuhan Amurang ke Pelabuhan Balikpapan Kalimantan dan ke Pelabuhan Melonguane Kabulaten Talaud.
Franky Donny Wongkar mengusulkan pembukaan jalur laut dari Pelabuhan Amurang ke Pelabuhan Balikpapan Kalimantan dan ke Pelabuhan Melonguane Kabulaten Talaud. (Istimewa.)

"Produksi hasil pertanian di Kabupaten Minsel, seperti di Modoinding dan hasil pertanian dari kecamatan lain, akan lebih luas pemasarannya jika jalur laut ini berhasil dibuka," kata Franky Wongkar.

"Harga komiditi akan bersaing, dampak ekonominya akan sangat terasa bagi petani dan nelayan Kabupaten Minsel," imbuhnya.

Tidak hanya jalur laut Pelabuhan Amurang ke Balikpapan Kalimantan yang diusulkan untuk dibuka, namun Franky Wongkar mengusulkan lagi pembukaan jalur laut Pelabuhan Amurang ke Melonguane, Kepulauan Talaud.

"Saya juga sudah usulkan pembukaan jalur transportasi laut dari Pelabuhan Amurang ke Pelabuhan Melonguane Talaud. Tujuannya sama, untuk memberikan efek domino bagi pergerakan ekonomi warga Kabupaten Minsel," papar Franky.

Dikatakan Franky, usulan pemberian subsidi untuk pembukaan lintasan penyeberangan yang baru antar kabupaten dalam provinsi, yaitu lintasan Amurang-Melonguane, serta pengembalian Kapal KMP Moinit, yang dulunya pernah melayani lintasan Amurang – Pananaru, sudah disampaikan langsung ke Menteri Perhubungan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved