Breaking News:

Berita Sitaro

Sejumlah Sekolah di Sitaro Masih Minim Tenaga Guru

Kekurangan tenaga guru masih dialami sejumlah sekolah di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro)

Penulis: Octavian Hermanses | Editor: David_Kusuma
Istimewa
Aktivitas Belajar Mengajar di Sitaro 

Manado, TRIBUNMANADO.CO.ID - Kekurangan tenaga guru masih dialami sejumlah sekolah di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro).

Seperti yang terjadi di SD GMIST Kinali Kecamatan Siau Barat Utara (Sibarut) yang hanya memiliki dua orang guru berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) termasuk Kepala Sekolah (Kepsek) serta satu orang guru kontrak program Sitaro mengajar.

Padahal, sekolah yang berada di kaki Gunung Karangetang itu memiliki 30 orang siswa.

Kondisi ini pun berdampak terhadap jalannya Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) yang kurang optimal.

Hal itu kian diperparah dengan ketidak hadiran salah satu guru PNS sejak awal Mei 2021 lalu.

Baca juga: Mabuk dan Pecahkan Kaca Tempat Karaoke, Pria Ini Dibekuk Tim Totosik

Kepsek SD GMIST Kinali, Sandra Piter mengatakan, dengan keterbatasan tersebut, pihaknya mengambil inisiatif dengan memberdayakan dua orang guru TK Kinali.

"Karena keberadaan ini, maka saya berinisiatif ada guru TK yang lowong karena sekolah Taman Kanak-Kanan diliburkan akibat pandemi Covid-19, maka mereka membantu di SD," kata Piter.

Ia pun berharap, kondisi yang ada di SD GMIST Kinali serta sekolah-sekolah lainnya di Sitaro yang masih kekurangan tenaga pengajar ini bisa mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah daerah.

"Kami sangat mengarapkan kepada Dinas Pendidikan khususnya yang terhormat ibu bupati, agar boleh melihat keberadaan sekolah ini," harapnya.

Menanggapi hal ini, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sitaro Budiarto Mukau menjelaskan sejauh ini jumlah guru di Sitaro berdasarkan data dari pemerintah pusat telah menenuhi jumlah sekolah yang ada.

Halaman
123
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved