Breaking News:

Tribun Travel

Legenda Batu Ular yang Penuh dengan Cerita Mistis

Kabupaten yang masuk sebagai bagian dari provinsi Sulawesi Utara ini memiliki banyak tempat yang sarat dengan legenda, di antaranya Batu Ular Raksasa.

Penulis: Ivent Mamentiwalo | Editor: Rizali Posumah
tribunmanado.co.id/Ivent Mamentiwalo
Pantai Batu Ular, tempat wisata yang terletak di Desa Pulutan, Kecamatan Pulutan, Kabupaten Talaud, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), yang lokasinya berada di bawah kaki Gunung Piapi. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Kabupaten Kepulauan Talaud adalah satu lepulauan yang berada di ujung utara NKRI dan berbatasan langsung dengan negara tetangga Filipina

Kepulauan Talaud sering dijuluki sebagai Bumi Porodisa yang berarti Surga.

Kabupaten yang masuk sebagai bagian dari provinsi Sulawesi Utara ini memiliki banyak tempat yang sarat dengan legenda, di antaranya Batu Ular Raksasa.

Lokasinya berada di Pantai Batu Ular. Pantai ini adalah tempat wisata yang terletak di Desa Pulutan, Kecamatan Pulutan, Kabupaten Talaud, lokasi pantai ini tepat berada di bawah kaki Gunung Piapi.

Diketahui Batu ular raksasa ini penuh dengan sejarah dan cerita mistis yang membuat hati pengunjung ketar-ketir mendengarnya.

Warga sekitar mempercayai bahwa tempat ini adalah keramat dan memiliki banyak cerita mistis.

Terletak kurang lebih 30 km dari Ibu Kota Kabupaten Talaud, Melonguane, Sulawesi Utara , akses menuju tempat wisata ini sangat mudah dijangkau dengan perjalanan hanya memakan waktu 30 menit saja kita akan sampai di lokasi batu ular . 

Menilik kembali sejarah di balik cerita batu yang berbentuk ular tersebut, diketahui bahwa batu tersebut sudah ada sejak ribuan tahun silam.

Meski belum ada penelitian pasti soal batu berbentuk ular yang memiliki panjang kurang lebih 100 meter tersebut, namun masyarakat setempat yakin batu tersebut adalah ular raksasa yang terbunuh oleh leluhur jaman dahulu.

Dari keterangan Evan Taarae salah seorang pemerhati Budaya Talaud saat di wawancarai Tribun Manado mengatakan, diketahui bahwa dari cerita turun temurun yang telah didengarnya sejak kecil, ular raksasa ini merupakan raja yang telah berkelana ke seantero dunia dan tak pernah bisa ditaklukkan.

Namun, kata dia, ketika datang di Talaud, ular raksasa tersebut berhasil dibunuh oleh tetua penghuni Gunung Piapi dan mati tergelinding ke pantai, yang kemudian jasadnya menjadi batu di tepi pantai.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved