Breaking News:

Penanganan Covid

Penurunan Kasus Covid di Sulut, Epidemiolog: Jangan Abaikan Protokol Kesehatan dan Vaksinasi

Dari pengamatan, memang dalam pelaksanaan protokol kesehatan saat ini semakin longgar, tidak hanya penggunaan masker tapi juga menjaga jarak.

(SHUTTERSTOCK)
ILUSTRASI Vaksin Covid-19. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Pengamat Epidemiologi Sulut Jonesius Manoppo menyebut, terkait menurunnya angka kejadian infeksi covid-19 tidak hanya ditentukan oleh faktor tunggal, tapi merupakan akumulasi dari beberapa faktor yaitu vaksinasi dan disiplin protokol kesehatan

"Intinya adanya pengawasan ketat perjalanan antar daerah terutama yang berasal dari zona merah, juga kebijakan PPKM Mikro serta kegiatan belajar-mengajar tatap muka terbatas, serta kebijakan WFH yang masih aktif dilakukan," bener Manoppo kepada Tribun Manado

Ingat Sarah Azhari Artis Populer Ditahun 2000? Kini Jadi Sorotan karena Tampil Cantik Didepan Rumah

Dulu Pamer Tubuh Seksi, Biduan Dangdut Kini Hijrah dan Jadi Petani, Hidupnya Berubah Total

Peringatan Dini BMKG Cuaca Hari Ini Rabu 9 Juni 2021, Berikut 15 Wilayah Potensi Dilanda Cuaca Buruk

Lanjutnya, dari pengamatan, memang dalam pelaksanaan protokol kesehatan saat ini semakin longgar, tidak hanya penggunaan masker tapi juga menjaga jarak.

"Jadi walaupun pemerintah selalu mengingatkan namun dalam pelaksanaannya kerumunan kerap terjadi bahkan di beberapa tempat sudah seramai seperti sebelum pandemi, tentu ini perlu terus ditegaskan oleh pemerintah," jelas Manoppo. 

Dikatakannya, untuk wilayah yang belum berubah warna menjadi kuning bahkan hijau tetap perlu lebih waspada, perlu ditelusuri juga dimana kantong-kantong penularan yang sebenarnya masih terjadi, di daerah itulah yang perlu perhatian agar tidak terjadi penyebaran.

"Sampai saat ini sudah sekitar dua pekan sejak di prediksi akan terjadi peningkatan kasus sesudah lebaran, tetapi tanda-tanda kesana belum juga terjadi, hal ini merupakan buah dari tindakan tegas menutup perbatasan," sebut Manoppo. 

Dosen Epidemiologi dari Unima ini juga mengatakan, bahwa pelaksanaan vaksinasi covid-19 memang telah membantu menjaga kestabilan zona, itu juga menjadi bukti yang kuat bahwa vaksinasi yang di gagas pemerintah bisa melindungi masyarakat

Halaman
12
Penulis: Majer Lumantow
Editor: Rizali Posumah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved