Breaking News:

TRIBUN BAKU DAPA

Ketua IWO Sulut: Pers Harus Menjadi ''Pilar Keempat Demokrasi'', Sentil Data Media di Dewan Pers

Bagaimana peran dan tantangan media online di era digital? Hal ini yang dibahas di Talk Show Tribun Baku Dapa edisi, Selasa, 8 Juni 2021

Penulis: Aswin_Lumintang | Editor: Aswin_Lumintang
tribun manado/ronald moha
TRIBUN BAKU DAPA edisi, Selasa (08/06/2021) bersama Ketua Ikatan Wartawan Online (IWO) Sulut, Jeane Rondonuwu 

MANADO, TRIBUN MANADO.CO.ID - Bagaimana peran dan tantangan media online di era digital? Hal ini yang dibahas di Talk Show Tribun Baku Dapa edisi, Selasa, 8 Juni 2021 dengan nara sumber Ketua Ikatan Wartawan Online (IWO) Sulawesi Utara (Sulut), Jeane Rondonuwu yang dipandu jurnalis Tribun Manado, Aswin Lumintang.

Pada kesempatan itu Jeane Rondonuwu selaku Ketua IWO Sulur menjelaskan bahw setelah dunia memasuki era yang dikenal 4.0, maka hadir sebuah konsep society 5.0.

Konsep ini dibuat untuk melayani kebutuhan manusia, agar masyarakat bisa menikmati hidup dan merasa nyaman. Sinergi manusia dan teknologi bisa terwujud agar masyarakat semakin sejahtera.

Society 5.0 adalah revolusi industri yang dirumuskan oleh Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe pada bulan Maret 2017 di pameran CeBIT, Hannover, Jerman untuk menangani segala permasalahan yang terjadi di Jepang dan baru diresmikan pada 21 Januari 2019.

Dimana saat itu Jepang sedang mengalami sebuah tantangan berkurangnya populasi yang membuat penduduk/pekerja usia produktif berkurang, sehingga Jepang berusaha memperbaiki kondisi tersebut dengan menerapkan Society 5.0.

''Konsep di mana kita harus 'memanusiakan manusia dengan teknologi'. " Sitou Timou Timou Tou' yang merupakan semboyan Om Sam Ratulangi, '' ujar Jeane saat live di facebook Tribun Manado dan youtube Tribun Manado TV, Selasa (08/06/2021).

Jean mengatakan, secara garis besar peran media di era saat ini ada tiga bagian besar yakni:

1. Fungsi monitoring
Artinya pers harus memberikan informasi kepada masyarakat tentang masalah-masalah publik, seperti kebijakan pejabat, masalah pembangunan, program dan kebijakan pemerintah, dan sebagainya. Dengan demikian, masyarakat bisa mengetahui bagaimana kinerja pemerintah.

2. Fungsi mendidik
Dalam fungsi ini, pers harus menyampaikan informasi yang berperan positif dalam mengembangkan khazanah ilmu dan pengetahuan. Artinya, informasi yang diberikan pers harus memberikan dampak positif, baik pada ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik khalayak.

3. Fungsi pengawas pemerintahan

Halaman
123
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved