Breaking News:

Berita Bolmut

Aksi Bom Ikan Kian Marak di Bolmut, Ini Penjelasan Dinas Kelautan dan Perikanan

Aksi Bom ikan kian marak terjadi di wilayah perairan Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), Sulawesi Utara

Penulis: Majer Lumantow | Editor: David_Kusuma
tribunmanado.co.id/Majer Lumantow
Kadis DKP Bolmut, Djakaria Babay. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Aksi Bom ikan kian marak terjadi di wilayah perairan Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), Sulawesi Utara

Pasalnya, aksi bom ikan yang dilakukan ini sudah sangat meresahkan para nelayan yang ada di Bolmut selain itu juga mengancam rusaknya ekosistem laut dan terumbu karang.

Pemerintah dan aparat hukum pun diminta serius menyikapi maraknya pengeboman ikan atau ilegal fisihing diwilayah perairan kabupaten Bolaang Mongondow Utara.

Hal ini menjadi perhatian Ketua Koperasi Perikanan Bolmut Mohamad Kifly Alamri ikut prihatin dengan kondisi tersebut.

Ia mengatakan, harus ada penegasan dari seluruh pihak, karena apabila dibiarkan terus menerus para oknum bom tersebut, akan berakibat sangat fatal. 

Baca juga: Gempa Bumi Tektonik Magnitudo 5,3 Guncang Bolaang Mongondow Selatan

"Karena selain merusak terumbu karang juga berakibat merosotnya mata pencaharian para nelayan di Bolmut itu sendiri, apalagi saya mendapatkan informasi dari para nelayan pelaku bom ini berasal dari pasir putih dumolodo kabupaten Gorontalo Utara,” ujar Alamri, Selasa (8/6/2021). 

Selain itu, dirinya mendapatkan informasi dari para nelayan bahwa para pelaku bom ikan ini sering ditemui di wilayah pulau Bongkil.

“Pelaku bom ikan tersebut sering ditemui para nelayan dipulau Bongkil menjalankan aksinya, padahal disana merupakan salah satu objek wisata unggulan di Bolmut, ”beber Alamri.

Sementara itu, saat dikonfirmasi, pihak Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) mengaku sudah sejak lama mendapatkan informasi tersebut dari para nelayan.

“Terkait hal itu, memang bukan kewenangan kita melaksanakan pengawasan perairan, karena itu telah ditarik oleh Pemerintah pusat serta memberikan kewenangan penuh kepada pihak Dinas Kelautan dan Perikanan Sulawesi Utara,” jelas Kepala DKP Bolmut Djakaria Babay kepada Tribunmanado.co.id.

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved